asarpua.com

Pemprovsu Dukung Pembuatan Akta Kelahiran Anak Panti Asuhan

ASARPUA.COM – Medan – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj Sabrina MSi mendukung  pembuatan Akte Kelahiran anak dipercepat. “Alasannya setiap anak yang lahir berhak memiliki identitas,” katanya pada acara makan siang bersama Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Selasa (14/08/2018) di Rumah Makan GarudaJalan Gajah Mada Medan.

Menurut Sabrina, pendaftaran kelahiran untuk menjamin anak-anak tidak dilupakan dan diabaikan hak-haknya atau disembunyikan dari kemajuan bangsa. “Contoh sederhana pencatatan kelahiran diperlukan seorang anak untuk digunakan sebagai dokumen resmi seperti masuk sekolah, kartu identitas diri seperti KTP nantinya, atau Kartu Identitas Anak (KIA), ijazah dan lainnya. Imbasnya, bila kelahiran seorang anak tak dicatatkan tak hanya menyangkut persoalan administrasi, tapi jauh lebih luas. Mereka lebih berisiko kehilangan pelayanan dasar sosial seperti kesehatan, pendidikan dan program kesejahteraan,”jelasnya.

“Mereka anak panti juga anak bangsa yang memiliki hak sama seperti anak yang memiliki keluarga utuh, memiliki hak untuk identitas, pendidikan juga kesehatan, untuk itu saya mendukung akan diadakannya percepatan akte kelahiran anak-anak panti asuhan,” kata Sabrina yang didampingi Kepala Bappeda Provsu Ir Irman MSi.

Sebelumnya, Anggota DPD RI Parlindungan Purba mengatakan, selama ini proses pengurusan akte kelahiran masih terkesan lama dan berbelit-belit. Terutama bagi anak panti asuhan, yang sampai saat ini masih banyak yang tidak memiliki akte kelahiran.

Untuk itu, pihaknya mengadakan program percepatan pembuatan akte kelahiran. Tujuannya, agar seluruh anak-anak Indonesia yang baru lahir segera memiliki akte kelahiran, sebagai dokumen resmi kependudukan. Khususnya bagi anak-anak panti asuhan.

“DPD RI akan melaunching percepatan pembuatan akte kelahiran tanggal 5 September di Jakarta. Dan yang mengembirakan Disdukcapil Sumut akan jemput bola untuk mendata anak-anak panti asuhan di Medan dan Deliserdang. Sementara ini, ditargetkan 3000 akte kelahiran untuk anak di Kota Medan dan 2000 akte kelahiran di Deliserdang,” ujarnya. (as-01)

 

 

Related News

Pemprovsu dan Pemko Bandung Jalin Kerja Sama Penggunaan e-SAKIP

Redaksi

Efisiensi Anggaran, Pemprovsu Siapkan Wisma Atlet untuk Tenaga Medis Covid-19

Redaksi

Pemerintah Siapkan Rp1 Triliun untuk Koperasi Termasuk di Sumut

Redaksi