asarpua.com

Bupati Karo Launching Portal Satu Data Indonesia

Bupati Cory Sriwaty Sebayang melaunching portal Satu Data Indonesia, Rabu (08/05/2024) di Aula Kantor Bupati Karo. (Foto. Asarpua.com/dikkar)

ASARPUA.com – Karo – Bupati Cory Sriwaty Sebayang melaunching portal Satu Data Indonesia, Rabu (08/05/2024) di Aula Kantor Bupati Karo.

Untuk Kabupaten Karo sendiri, portal Satu Data Indonesia menggunakan nama Kata Sada, yang merupakan singkatan dari Karo Tangguh Satu Data dan memiliki peran sangat penting bagi kemajuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo.

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengatakan, bahwa data bukan hanya sekedar kumpulan angka, tetapi cerminan dari realitas yang kompleks di sekitar masyarakat. Data adalah jendela yang membuka peluang untuk memahami, merencanakan dan bertindak dengan lebih bijaksana.

“Peluncuran portal Satu Data Indonesia bukan semata-mata untuk mengejar trend teknologi, tapi memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk mengakses informasi berharga. Portal Kata Sada menggambarkan semangat transparansi dalam menjalankan roda pemerintahan,” ujar Cory.

Cory berharap, dari portal Satu Data Indonesia ini nantinya Pemkab Karo dapat menemukan pengetahuan dan wawasan yang tersembunyi di antara data.

“Saya mengajak kita semua untuk memanfaatkan sumber daya ini dengan bijaksana, demi kemajuan dan pembangunan yang berkelanjutan bagi tanah Karo yang sama sama kita cintai ini. Saya sangat mengapresiasi usaha dan upaya dinas Kominfo selaku wali data daerah dalam pembangunan portal Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Karo,” sebutnya.

Untuk semua OPD, Cory juga berpesan agar terus memproduksi data secara konsisten serta melakukan perbaikan pada data sehingga dapat lebih akurat dan bermanfaat.

Usai peresmian portal dan pemutaran video, acara dilanjutkan dengan talk show tentang portal Kata Sada untuk Karo maju yang dimoderatori oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Karo Daut Sembiring, dengan narasumber Kepala Bapedalitbang Nasib Sianturi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Frans Leonardo Surbakti, Kepala Badan Pusat Statistik Ratnauli Naibaho dan Tim Usaid Erat selaku Pembina Data Kabupaten Karo Harry Hasan serta Waspada Sinulingga selaku koordinator perancangan Portal Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Karo. (Asarpua)

Reporter : Serasi Sembiring

Related News

Dana Hibah Pemkab Karo Menggelinding Ranah Hukum

Redaksi

Bupati Karo Terima Kunjungan Diskusi Pusat Unggulan Iptek Pariwisata USU

Pemkab Karo Bentuk Gugus Tugas  Percepatan Penanganan Covid-19

Redaksi