asarpua.com

Wagubsu Sampaikan Urgensi Penyusunan Dua Ranperda

ASARPUA.COM – Medan – Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah menyampaikan urgensi penyusunan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumut, di ruang paripurna DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (17/09/2018).

Dua Ranperda yang dipandang urgen tersebut yakni Ranperda tentang perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan, dan Ranperda rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil provinsi Sumut tahun 2018-2019.

Menurut Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck, perempuan dan anak adalah kelompok masyarakat yang paling rentan sekaligus menjadi korban terbesar dari berbagai kekerasan, eksploitasi dan perlakuan diskriminasi lainnya. Kerentanan dan perlakuan diskriminatif tersebut telah berdampak pada kurangnya rasa percaya diri, menghambat perempuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, maupun kegiatan strategis lainnya di semua lini pembangunan.

“Oleh karena itu, diperlukan satu sistem perlindungan perempuan dan anak yang komperehensif, dan integratif yang mengutamakan upaya-upaya yang bersifat promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dalam rangka pemenuhan hak perempuan dan anak, khususnya korban kekerasan,” ucap Ijeck.

Dalam berbagai kasus, kata Ijeck, kelompok perempuan dan anak masih dalam posisi marginal. Kondisi ini, secara nyata menghalangi kontribusi maksimal perempuan dan anak dalam pembangunan. “Ranperda tentang perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasam merupakan salah satu jawaban untuk mengurangi maupun mencegahanya,” tegasnya.

Terkait Ranperda wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil provinsi Sumut, Ijeck menyampaikan empat tujuan penyusunan Ranperda tersebut. Keempat tujuan tersebut yakni pembangunan lingkungan, pembangunan sosial, pembangunan ekonomi, dan pembangunan administratif.

“Dasar lain pembentukan Ranperda ini yakni pasal 9 ayat 5 Undang-Undang 27 Tahun 2007 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Harapannya, kita dapat memanfaatkan semua potensi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Sumut dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Sumut,” terang Ijeck. (as- 01)

Related News

Pemprovsu Jajaki Kerjasama dengan Jepang

Redaksi

GTTP Covid-19 Sumut Salurkan 1.892 Paket Sembako untuk Mahasiswa

Redaksi

Gubsu Resmikan Roadshow Hijrahfest to Medan

Redaksi