asarpua.com

USAID Dukung Medan Rumah Kita Sistem Terintegrasi

ASARPUA.com – Medan – Melalui program Cegah Pungli USAID mendukung Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dalam program SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional). Sistem LAPOR untuk mengumpulkan pengaduan dari masyarakat dan memberikan respon terhadap pengaduan masyarakat tersebut.

Hal ini disampainkan oleh Pelaksana Tugas Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn didampingi Deputy Derctor Usaid Environment Office Jasen Seuc, saat melakukan pertemuan dengan Pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan, di kantor Gubsu, Senin (07/05/2018).

“Kami sangat mendukung sistem Medan Rumah Kita yang terintegrasi dengan sistem LAPOR ini, sebab sistem ini dapat mempermudah masyarakat untuk mengadukan berbagai hal ke pemerintah.”ujar Ryan Washburn.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Pemko Medan telah memiliki sistem pengaduan masyarakat yang terintegrasi dengan sistem LAPOR. Sistem ini berupa aplikasi “Medan Rumah Kita” yang sudah dibangun sejak Desember 2016. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat menyampaikan pengaduannya yang kemudian langsung di respon oleh OPD terkait.

“Hingga saat ini aplikasi tersebut masih terus aktif, masyarakat dapat mengirimkan pengaduan ke aplikasi ini dengan cara menuliskan aduannya, memfotonya dan menuliskan identitas diri. Aduan yang diterima akan ditampung dan di kirim ke OPD terkait.”jelas Wakil Walikota.

Pengaduan yang diterima ini, selanjutnya akan direspon oleh OPD terkait paling lama 1 minggu sudah ditangani. Selain aplikasi Medan Rumah Kita, lanjut Wakil Wali Kota, masyarakat juga dapat menyampaikan pengaduan melalui SMS center, dan mengirim langsung ke nomor pribadi Walikota, Wakil Walikota dan pejabat Pemko Medan lainnya.

Sebelumnya, Plt Sekda Provsu, Ir H Ibnu S Hutomo MM, mengucapkan selamat datang kepada rombongan USAID, diharapkan pertemuan ini dapat menjadi kerjasama yang baik sehingga dapat saling bertukar informasi dan menjadi masukan bagi provsu dalam peningkatkan kinerja pemerintahan.

Related News

Medan Pasti Bersih 500 Sepeda Motor Banjiri Dinas Pertamanan dan Kebersihan

Redaksi

Akhyar Ajak Guru Ciptakan Karakter Bersih di Sekolah

Redaksi

Wakil Walikota Medan Optimis Pramuka Efektif Satukan Generasi Muda

Redaksi