asarpua.com

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Medan Berlangsung Hikmad

asarpua.com, Medan – Upacara peringatan hari lahir Pancasila dilaksanakan di Lapangan Benteng Jalan Pengadilan Medan, dengan mengambil tema: Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi, Berprestasi. Upacara ini berjalan sukses dan penuh hikmad, Jumat(01/06/2018).

Walikota Medan T Dzulmi Eldin telah mengimbau agar seluruh masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh di depan rumah pada Jumat (1/6/2018). Pengibaran bendera ini untuk memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2018.

“Pengibaran bendera ini dilakukan mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Jadi kami berharap sekali agar seluruh warga Kota Medan dapat melaksanakannya,” kata Eldin.

Eldin juga menginstruksikan kepada seluruh camat agar memerintahkan lurah dan kepling di wilayahnya untuk menyampaikan pengumuman tersebut. Warga pun diharapkan dapat mengikuti imbauan untuk mengibarkan bendera.

Sementa itu Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya pada Hari Lahir Pancasila yang dibacakan oleh Gubernur Sumut menyampaikan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Presiden menegaskan Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan
bangsa yang mempersatukan kita.

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong, urai Jokowi.

Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program pembangunan.

Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila, kata dia.

Presiden menegaskan,  tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahumembahu cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata internasional.

Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia, harap Presiden.

Sementa itu usai acara Kapolda Sumut kepada wartawan menyampaikan dimana  sejauh ini pengamanan yang dilakukan oleh Kepolisian Polda Sumut sudah berjalan dengan baik. “Saya bersyukur sampai saat ini Sumatera Utara aman dan kondusif. Kegiatan upacara Peringatan Hari Pancasila berjalan dengan aman dan lancar,” kata Kapoldasu.

Selain Gubsu HT Erry Nuradi, Walikota Medan dan Kapoldasu Irjen Paulus Waterpaw, turut hadir Pangdam l/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, Wakil Gubernur Sumut, Brigjen TNI (Purn) Dr Hj. Nurhajizah Marpaung, SH MH, Danlantamal l Belawan Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto SE M.Si,
Kabinda Brigjen TNI Ruruh Setya Wibawa, Ketua Pengadilan Tinggi Dr H Cicut Sitiarso SH MHum, Pangkosek Hanudnas lll Tri Bowo Budi Santoso, Dalanud Suwondo Kolenel PNB Dirk P Lengkey, Kapolretabes Medan beserta undangan. (as-01)

 

 

Related News

Gubsu Harapkan Masyarakat Aplikasikan Butir-Butir Pancasila

Redaksi

Kejatisu Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Redaksi

Walikota Medan Irup HUT RI di Lapangan Benteng

Redaksi