Tahun 2020 Unimed Terima 7000 Orang Mahasiswa Baru

63
Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Dr Syamsul Gultom SKM MKes didampingi Ketua SNMPTN 2020, Dr Restu MS (Wakil Rektor l); Wakil Ketua Prof Drs Manihar Situmorang MSc PhD (Wakil Rektor IV); Bendahara Dr Martina Restuati MSi (Wakil Rektor ll). (Foto. ASARPUA.com/sembiring)

ASARPUA.com –  Medan – Mulai tanggal 02 Desember 2019, registrasi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020, dibuka. Pendaftaran secara online dengan sistem UTBK akan berakhir 07 Januari 2020 melalui lamanhttp://portal.ltmpt.ac.id.

Untuk tahun 2020, penerimaan mahasiswa baru PTN dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). “Keberadaan LTMPT diharapkan menjadi media bagi pendidikan tinggi dalam mendapatkan calon mahasiswa baru yang diperkirakan mempunyai keberhasilan studi di Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan masyarakat akan mendapat kenyamanan dan kemanfaatan yang Iebih baik,” kata Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Dr Syamsul Gultom SKM MKes,diruang Inhere lantai 2 Unimed,  Rabu (04/12/2019).

Didampingi Ketua SNMPTN 2020, Dr Restu MS (Wakil Rektor l); Wakil Ketua Prof Drs Manihar Situmorang MSc PhD (Wakil Rektor IV); Bendahara Dr Martina Restuati MSi (Wakil Rektor ll), ia menambahkan, ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru di Unimed, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Untuk pendaftaran SNMPTN 13 Januari-6 Februari 2020 dan SBMPTN dibuka 2-13 Juni 2020. “Kouta penerimaan mahasiswa baru untuk Unimed sebanyak 7000 mahasiswa, dengan rindian SNMPTN minimum 20%;
SBMPTN 50% dan MANDIRI maksimum 30%,” jelas Rektor.

Penerimaan mahasiswa baru pada PTN diselenggarakan dengan prinsip Adil, yaitu tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial; Akuntabel, yaitu dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas; Fleksibel, yaitu pelaksanaan TPS diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh lebih dari satu kali tes;

Selain itu, Efisien, yaitu penyelenggaraan tes masuk PTN menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pelibatan sumber daya manusia, dan fleksibilitas waktu; dan Transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTN dilakukan secara terbuka dan hasil pelaksanaan dapat diakses secara mudah.(as-14)