asarpua.com

Pj Gubsu Lantik Pj Bupati Deliserdang dan Taput

Pj Gubsu Hassanudin melantik Wirya Alrahman sebagai Pj Bupati Deliserdang dan Dimposma Sihombing sebagai Pj Bupati Tapanuli Utara (Taput)  di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu, Jalan Sudirman 41, Medan, Selasa (23/04/2024). Foto. Asarpua.com/diksu)

ASARPUA.com – Medan – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melantik Wirya Alrahman sebagai Pj Bupati Deliserdang dan Dimposma Sihombing sebagai Pj Bupati Tapanuli Utara (Taput). Hassanudin pun menyampaikan beberapa tugas mendesak yang mesti dilakukan kedua Pj kepala daerah tersebut.

“Salah satu tugas Penjabat Bupati yang saat ini mendesak adalah memfasilitasi pelaksanaan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 Kabupaten Deliserdang dan Tapanuli Utara, serta menjaga netralitas ASN,” kata Hassanudin, usai melantik Pj Deliserdang dan Bupati Taput, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Selasa (23/04/2024).

Selain itu, tugas lain yang mesti dijalankan para Pj kepala daerah tersebut yaitu segera melakukan konsolidasi dengan penyelenggara Pilkada, serta membentuk Tim Desk Pilkada. Tim ini berperan untuk mendukung dan melaksanakan pemantauan, menginventarisir setiap permasalahan dan memberikan saran penyelesaian permasalahan pelaksanaan Pilkada.

“Saya juga mengajak semua pihak untuk saling bersinergi dan berkolaborasi menjaga kondusivitas masyarakat, segera antisipasi gejolak politik sekecil apapun, yang dapat memicu terganggunya stabilitas ketenteraman dan ketertiban masyarakat,” ujar Hassanudin.

Hassanudin juga mengingatkan mengenai berbagai hal selain persiapan Pilkada serentak. Seperti pengendalian inflasi, dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar,  mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi, dan mewaspadai dampak fenomena super el nino. Juga menyederhanakan prosedur dan tata kelola, khususnya pelayanan perizinan bagi investor. Hingga memberikan dukungan kepada KPUD dan Bawaslu, tanpa melakukan intervensi apapun.

“Ini juga penting, yaitu terus mendukung program prioritas pemerintah seperti penurunan kemiskinan ekstrem, pemberantasan stunting, dan hilirisasi industri,” ucap Hassanudin.

Sementara itu, Pj Bupati Taput dan Deliserdang menyampaikan akan menjalankan arahan Pj Gubernur Sumut Hassanudin. Pj Bupati Taput Dimposma Sihombing mengatakan arahan Pj Gubernur seperti menjalankan roda pemerintahan, menjaga Kamtibnas, netralitas ASN dan melanjutkan pembangunan pun siap dilaksanakannya.

“Selanjutnya, untuk Pilkada itu tetap komitmen, mungkin sudah jelas arahan pimpinan, kami akan menyelenggarakan Pilkada dengan netralitas ASN harus diutamakan, intinya mohon diberikan kepercayaan pada kami bagaimana menyelenggarakan netralitas ASN dan Pilkada yang baik di wilayah masing masing,” kata Dimposma.

Senada dengan Dimposma, Wirya juga mengatakan hal serupa. Ia siap melaksanakan arahan Hassanudin. Salah satunya pelaksanaan pembangunan bisa berjalan dengan baik. Selain itu, pembangunan Bendungan Lau Simeme yang menjadi atensi Presiden pun akan menjadi perhatian Wirya. (Asarpua)

Related News

Gubsu Bersama Forkopimda Monitoring Malam Pergantian Tahun Baru 2024, Sumut Aman dan Terkendali

Redaksi

Pj Gubsu Resmikan RSUD Tuan Rondahaim Pematangraya

Redaksi

Daya Saing Digital Sumut Naik Peringkat, Pj Gubsu Optimis Digitalisasi Signifikan Kendalikan Inflasi

Redaksi