asarpua.com

Pemprovsu dan Balai Bahasa Sumut Gelar Bengkel Bahasa

ASARPUA.com – Medan – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Biro Humas dan Keprotokolan bersama Balai Bahasa Sumut menggelar Bengkel Bahasa. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Senin (25/02/2019) dan Selasa (26/02/2019), di Kantor Gubsu Jalan Diponegoro 30 Medan.

Asisten Administrasi Setdaprovsu Zonny Waldi mengatakan Kebanggaan menggunakan bahasa Indonesia dalam berbagai kegiatan tampaknya mulai surut. Sebagai ASN yang baik, kita harus menjadi teladan, tunjukkan rasa bangga dan upgrade kemampuan berbahasa melalui acara ini, katanya ketika membuka acara tersebut.

Zonny mengingatkan agar para peserta yang mengikuti Bengkel Bahasa selama dua hari kedepan dapat belajar dengan sungguh-sungguh. Sehingga pemakaian bahasa Indonesia dalam tata persuratan khususnya berkembang ke arah yang lebih baik. Begitu pun dengan kreatifitas dan kemampuan berbahasa Indonesia pada ASN.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Sumut Dr Fairul Zabadi juga menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Bengkel Bahasa di lingkungan Pemprovsu. Menurutnya, ini merupakan bukti dukungan dan kepedulian Pemprovsu terhadap pelestarian dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik.

“Saat ini, kita amati memang masih banyak yang penggunaan istilah dan bahasa di ruang publik khususnya yang menyalahi dan tidak sesuai dengan Perda Nomor 8 tahun 2017 tentang pengutamaan bahasa Indonesia dan perlindungan bahasa daerah dan sastra daerah. Mungkin salah satunya, karena kurang mengenal Perda Nomor 8 Tahun 2017 itu sendiri,” ucap Fairul.

Adapun nara sumber yang mengisi materi pada hari pertama yakni Karo Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus, yang membahas tentang Kebijakan Pemprovsu tentang Pemakaian Bahasa Indonesia berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2009 dan Perda Sumut Tahun 2017. Berikutnya, materi disampaikan oleh Kepala Balai Bahasa Sumut Fairul Zabadi tentang Kebijakan Bahasa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (as-01)

Related News

Semarakkan PON Aceh-Sumut, Pemprovsu Gelar Fun Run

Redaksi

Pemprovsu Serahkan Penghargaan Siddhakarya kepada 6 UMKM

Redaksi

Pemprovsu dan LIPIA Bicarakan Pendidikan Bahasa Arab

Redaksi