asarpua.com

Pemkab Asahan Vaksinasi 343 Calon Haji 

ASARPUA.com – Kisaran – untuk suksesnya pelaksanaan haji tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melakukan vaksin kepada 139 laki laki dan 204 perempuan. Mereka semuanya adalah Calon Jemaah Haji (Calhaj) yang berasal dari Kabupaten Asahan. Calhaj ini diberikan dua jenis vaksinasi yang bertujuan untuk pencegahan dan pengendalian penyakit dalam rangka menunaikan ibadah haji. Vaksin yang diberikan yakni vaksin meningitis dan influenza di Masjid Agung Ahmad Bakri Kisaran.
Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, dr Aris Yudhariansyah melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Saprin Hutahean menjelaskan bahwa pemberian vaksin meningitis kepada Calhaj dilakukan agar tubuh Calhaj dapat menangkal serangan penyakit radang selaput otak. Sedangkan vaksin influenza manfaatnya adalah agar Calhaj tidak mendapat serangan flu pada saat menjalankan rukun Islam ke lima di tanah suci nantinya.
Pemberian kedua vaksinasi sangat penting. Terutama meningitis wajib bagi calin haji, sedangkan influenza dianjurkan, ” ucap Saprin disela-sela sela kegiatan, Kamis (25/04/2019)
Adapun pemberian vaksinasi ini anggarannya bersumber dari dana APBN dan APBD Kabupaten Asahan. Pemberian vaksin yang bertujuan untuk menangkal penyakit yang datang ke tubuh Calhaj yang akan menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci Makkah.
“Harapan kita semua calon haji Kabupaten Asahan nanti bisa menunaikan rukun Islam dengan aman, nyaman dan sehat, ” ucap Saprin. (as-gus)

Related News

Akhir Pekan ini, KPU Rencanakan Pemilihan Susulan di Lima Kecamatan di Nisel

Redaksi

Pemprovsu Maksimalkan Realisasi APBD di Masa Pandemi Covid-19

Redaksi

Bupati Lepas Jelajah Asahan RAPI Riders 2020

Redaksi