asarpua.com

Dinas Kebudayaan Kota Medan Gelar Lomba Tari dan Berbalas Pantun

ASARPUA.COM – Medan – Dinas Kebudayaan Kota Medan menggelar  perlombaan Seni Budaya Tari Melayu, Berbalas Pantung dan Pagelaran Ketoprak Dor di panggung terbuka Merdeka Walk Medan Sabtu (21/072018).

“Hal ini sangat penting dilakukan agar bangsa Melayu mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Selain itu yang lebih penting lagi agar budaya Melayu tidak kian tergerus dengan perubahan zaman,” kata Wali Kota.

Selama tidak bertentangan dengan ajaran agama,  tegas Wali kota, justru berbagai budaya yang ada di tanah air dapat menjadi penambah nilai estetika, apalagi budaya Melayu identik dengan budaya Islam. “Dengan demikianunsur budaya dapat menjadi jembatan perdamaian antar umat beragama untuk dapat hidup secara damai,  harmonis dalam keberagaman,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kadis Kebudayaan Kota Medan  Suherman dalam laporannya menjelaskan, perlombaan Seni Budaya Tari Melayu, Berbalas Pantung dan Pagelaran Ketoprak Dor merupakan bagian rangkaian perayaan HUT ke-428 Kota Medan. Adapun tujuan kegiatan ini digelar dalam rangka melestarikan seni budaya  Melayu yang orisinil dan megah sebagai etnis asli kota Medan.

Selain itu melalui kegiatan ini, jelas Suherman, guna memperkenalkan budaya  Melayu kepada wisatawan dalam dan luar negeri yang sedang berkunjung ke Medan.  “Kemuian untuk meningkatkan kreativitas masyarakat, termasuk generasi muda  dalam bidang seni dan budaya, serta melanjutkan program pemerintah dalam rangka pembangunan kebudayaan,” terang Suherman.

Sementara itu Ketua Dewan Kesenian Medan  Rianto Aghly, memuji langkah yang dilakukan Pemko Medan dalam melestarikan seni budaya asli Melayu ini. (as-01)

Related News

Walikota Medan Buka Workshop Promosi Wisata

Redaksi

Walikota Medan Tinjau Persiapan Akhir Ramadhan Fair

Redaksi

Rusdi Sinuraya Monitoring Revitalisasi Pasar Timah

Redaksi