asarpua.com

Wagubsu Musa Rajekshah Harapkan GIXA 2018 Dongkrak Kunjungan Wisatawan

ASARPUA.COM – Medan – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah MHum mengapresiasi pelaksanaan even Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2018 yang mengambil rute di sekitar lokasi wisata Danau Toba. Diharapkan, even ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sumut.

“Even ini sangat baik, karena tempat dan rutenya di daerah wisata Sumatera Utara yaitu Danau Toba. Ini membantu Pemprov Sumut untuk promosikan daerah wisata di daerah ini,” ujar Musa Rajekshah ketika menerima audiensi panitia GIXA 2018, Kamis (20/09/2018) di ruang kerjanya, lantai 9 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro 30 Medan.

Selain itu, even ini juga diharapkan menambah jumlah wisatawan yang datang ke Sumut, khususnya Danau Toba. “Pesertanya 50 yang berasal dari 7 provinsi se Indonesia dan juga ada yang dari luar negeri. Otomatis menambah jumlah kunjungan wisata ke Sumut,” kata Musa Rajekshah.

Wagubsu Musa Rajekshah mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprovsu), satu visi misinya adalah  bagaimana membangkitkan ekonomi masyarakat. Diantaranya membangun ekonomi masyarakat melaui sektor pariwisata.

Karenanya, kepada instansi Pemprovsu, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Musa Rajekshah meminta agar even-even seperti ini dimanfaatkan untuk mempromosikan daerah-daerah wisata yang ada di Provsu.

Ketua Panitia GIXA 2018 Prihatin Kasiman mengatakan bahwa Gixa 2018 merupakan yang kelima kalinya digelar di kawasan Danau Toba. “Ini setiap tahun diadakan, start di Balige dan finish di Ajibata,” ujar Prihatin.

Kegiatan ini, lanjutnya, berlangsung selama 8 hari, yakni 13-20 Oktober 2018. “Walaupun rutenya kurang lebih 40 kilometer, namun medannya cukup berat. Pilihan lokasi tahun ini kita gelar di hutan-hutan pegunungan Bukit Barisan di sekitar Danau Toba,” kata Prihatin.

Peserta berasal dari 7 provinsi di Indonesia dan ada kemungkinan akan ada peserta yang mendaftar dari luar negeri, seperti pengalaman even-even tahun sebelumnya. “Peserta dibatasi 50 peserta walaupun peminatnya sangat banyak sekali,” ujar Prihatin. (as-01)

Related News

Wagubsu Harapkan Pencegahan Bencana Masuk Kurikulum Sekolah

Redaksi

Kunjungi Museum Negeri Sumut, Wagubsu: Perlu Renovasi dan Pembenahan

Redaksi

Wagubsu Harapkan HDCI Bantu Promosikan Pariwisata

Redaksi