asarpua.com

Sekda Pimpin Rapat Persiapan HUT Kota Medan

asarpua.com, Medan – Berbagai perhelatan menarik seperti Colour Full Medan Carnaval 2018, Medan Great 2018, dan Inbox Carnaval 2018, tengah disiapkan Pemko Medan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Medan yang jatuh pada 1 Juli 2018 mendatang. Dinas Pariwisata selaku penyelenggara akan menyelenggarakan semua event dengan maksimal guna memeriahkan perayaan rutin ini.

Hal itu terungkap saat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Ir Syaful Bahri Lubis memimpin rapat persiapan HUT Kota Medan yang ke 428. Rapat digelar di kantor Walikota Medan Jl. Maulana Lubis, Selasa (05/06/2018).

Sekda didamping Asisten Administrasi Umum Ikhwan Habibi Daulay dan Kadis Pariwisata Agus Suriono dalam rapat yang dihadiri staf mengingatkan agar seluruh OPD Pemko Medan bekerja sama sesuai dengan tupoksi untuk menyukseskan berbagai rangkaian acara untuk menyemarakkan HUT Kota Medan tahun ini.

Dia mengatakan, diperlukan koordinasi, komunikasi yang baik dan kerja sama sinergis agar perayaan HUT Kota Medan yang digelar berjalan sukses.

Sementara, Kadis Pariwisata memaparkan tentang kegiatan yang dilaksanakan instansinya. Dia menyebutkan acara Color ful Medan Carnaval 2018 akan berlangsung 30 Juni dan sampai 1 Juli. Medan Great 2018 mulai 1 sampai 8 Juli, dan inbox Carnaval 2018 mulai 14 sampai 15 Juli 2018.

Guru Patimpus Pendiri Kota Medan

Sekitar tahun 1590, Guru Patimpus membuka dan mendirikan kampung dipertemuan dua buah Sungai Deli dan Babura yang dinamainya dengan Kuta Madan. Dari perkawinannya inilah lahir silsilah keturunan Urung Sepuluh Dua Kuta (Datuk Hamparan Perak) dan Datuk Sukapiring. Sejak ia mendirikan Kuta Madan Guru Patimpus telah menjadi milik masyarakat luas Kota Medan.

Pemerintah Kota Medan kemudian menganugerahkan penghargaan kepada Guru Patimpus Sembiring Pelawi atas jasanya mendirikan Kota Medan (Kuta Madan). Pemko Medan sekaligus menetapkan Hari Jadi Kota Medan pada tanggal 1 Juli 1590 dan kemudian memberikan nama jalan di Kelurahan Petisah Tengah Kecamatan Petisah Medan dengan nama Jalan Guru Patimpus yang panjangnya sekitar seratusan meter tempat di mana Tugu Guru Patimpus Sembiring Pelawi berdiri. Tugu ini diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara Marah Halim pada tanggal 20 Agustus 1975 dan peletakan batu pertama oleh Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Medan M. Saleh Arifin. Sesuai prasasdti yang tertulis di tugu Guru Patimpus. (as-01)

Related News

Wakil Walikota Saksikan CMC 2019 HUT Kota Medan ke-429

Redaksi

[Galeri Photo] – Kegiatan Colorful Medan Carnival ke 429 Tahun

Redaksi

Peringati HUT ke 429 , Pemko Gelar Doa dan Zikir Bersama

Redaksi