Rita Maharani Apresiasi Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu

30
Ketua TP PKK Kota Medan yang juga Ketua Dekranasda Kota Medan Rita Maharani disaksikan Gubsu Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Provsu Nawal Lubis saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba. (Foto. ASARPUA.com/hpm)

ASARPUA.com – Medan – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan Rita Maharani menghadiri puncak acara Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu Sumatera Utara 2019 di Gelanggang Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed), Sabtu (13/04/2019). Lomba  ini digelar dalam rangka melestarikan dan menghidupkan kembali kesenian dan budaya Melayu di tengah-tengah masyarakat.

Event ini terselenggara berkat kerjasama Unimed dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provsu. Ratusan peserta mengikuti perlombaan yang digelar dalam rangka mengenalkan kembali onrmaen Melayu yang mulai terlupakan di tengah masyarakat kepada masyarakat, terutama generasi muda.

Ketua Dekranasda Kota Medan Rita Maharani mengapresiasi atas digelarnya Lomba Desain Kreasi Ornamen Melayu Sumatera Utara 2019. Sebab, melalui perlombaan tersebut seluruh masyarakat Sumut, termasuk Kota Medan dapat lebih mengenali dan mengetahui berbagai ornamen khas yang ada dalam adat dan suku.

Rita Maharani berharap kepada seluruh masyarakat, terutama para generasi muda agar jangan melupakan sejarah Melayu, termasuk nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Apalagi Melayu menjadi identitas yang melekat pada Kota Medan, sehingga harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Selain itu Rita Maharani yang juga berharap agar para peserta yang keluar sebagai pemenang dalam perlombaan, supaya terus mengasah diri dan kemampuan sehingga senantiasa menghasilkan karya-karya terbaiknya di bidang desain.

“Saya merasa senang melihat tingginya antusiasme masyarakat mengikuti perlombaan ini. Hal ini membuktikan masyarakat  cinta dengan kebudayaan Melayu. Semoga karya yang  dihasilkan dapat memberikan kontribusi dalam memajukan dan membawa desain Melayu ke tingkat nasional maupun internasional,” harapnya.

Puncak acara perlombaan dirangkaikan dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Kota Medan mendampingi Ketua Dekranasda Pemprovsu menyerahkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan kepada pemenang yang berhasil keluar sebagai juara dalam perlombaan tersebut. (as-01).