asarpua.com

Pj Gubsu Bersyukur Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka

ASARPUA.COM – Medan – Pejabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA menyampaikan rasa syukur dan bahagia melaksanakan sholat Ied (Idul Adha) bersama ribuan warga Kota Medan sekitarnya di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (22/08/2018) pagi.

“Alhamdulillah pagi ini kita dapat melaksanakan sholat Idul Adha 1439 Hijriah. Karena cuaca kali ini cukup menyenangkan. Kita juga diperintahkan untuk berkurban karena Allah sudah memberikan nikmat kepada kita yang sangat banyak,” ujar Pj Gubsu yang hadir bersama Walikota dan Wakil Walikota Medan serta Sekdaprov Sumut R Sabrina.

Makna berkurban kata Pj Gubsu, dapat diambil dari manfaat yang terdapat dari pelaksanaan serta peruntukannya. Khususnya bagi diri sendiri, lingkungan dan masyarakat serta pemerintahan, dengan harapan kehidupan akan menjadi lebih baik dari sekarang.

Sementara dalam khutbahnya, Khatib sholat Ied  Dr Zulheddi menyampaikan pesan dalam merayakan Idul Adha seorang pemilik kemampuan secara ekonomi penting untuk mengorbankan sesuatu untuk dipersembahkan kepada Allah SWT, sebuah anjuran yang ditegaskan Rasulullah SAW. Sehingga bagi yang mampu namun tidak berkurban, maka tidak ada kepentingan untuk ikut serta di dalam syiar ini.

Dimensi berikutnya yakni ritual atau ibadah. Hal ini berkaitan dengan penyerahan diri sepenuhnya kepada Sang Khalik dan menerima segala perintah-Nya. Sebagaimana dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS yang ikhlas mengorbankan anaknya sendiri demi menjalankan perintah Allah SWT.

Dimensi ketiga adalah syukur, dimana hakikat dari berkurban adalah ungkapan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT.

Sementara dimensi sosial. Pada konteks ini ada pengertian kurban dari bahasa Arab “qa-ra-ba” yang berarti dekat. Hakikatnya adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjaga kedekatan dengan manusia.

Sementara Sekdaprovsu R Sabrina mengajak seluruh masyarakat Sumut khususnya umat muslim yang mampu untuk menyisihkan rezeki dari Allah kepada yang kurang mampu. Rezeki telah diberikan kepada manusia setahun penuh, termasuk kesehatan. (as-01)

Related News

Pj Gubsu Bersama Forkopimda Sumut Lepas Tim Patroli Pengawasan dan Penertiban APK

Redaksi

Pj Gubsu dan Wakapoldasu Hadiri Ibadah Syukuran Awal Tahun HKBP

Redaksi

Pj Gubsu Eko Subowo Resmikan Kecamatan Angkola Muara Tais Tapsel

Redaksi