asarpua.com

Pilkada Kota Medan 2024, Hanura Mantap Usung El Adrianshah 

Hendra DS. (Foto. Asarpua.com/handover)

ASARPUA.com – Medan – Partai Hanura Kota Medan menyatakan mantap mengusung kadernya sendiri yakni Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Sumut, El Adrianshah maju pada Pilkada Medan yang digelar pada 27 November 2024 nanti.

“Hanura Medan mantap untuk usung kader sendiri di Pilkada Medan 2024 ini. Ada kader kami yang dinilai sosok muda dan enerjik yang layak diusung untuk menjadi balon Walikota Medan, yakni Ketua DPD Hanura Sumut, El Adrianshah,” kata Ketua DPC Hanura Medan, Hendra DS, Minggu (21/04/2024).

El begitu sapaan akrab El Adrianshah kata Hendra, dinilai merupakan sosok muda dan enerjik yang mampu membuat terobosan-terobosan baru dalam membangun Kota Medan lebih baik ke depan.

Apalagi, kata politisi senior Hanura itu, sosok El dinilai piawai dalam mengkolaborasikan peran anak muda guna membangun Kota Medan nantinya.

“Pengalamannya (El Adrianshah) dalam menakhodai DPD KNPI Medan dan KNPI Sumut dan kepemimpinannya di Hanura Sumut dinilai sebagai nilai plus untuk diusung maju sebagai balon Walikota Medan pada November nanti,” ucapnya.

Meskipun, kata Hendra, saat ini Hanura Medan belum menentukan arah koalisi dengan partai manapun guna memuluskan nama El Adrianshah. Namun, Hanura Medan akan membuka komunikasi dengan seluruh partai dengan ‘menawarkan’ nama El Adrianshah sebagai Bakal Calon (Balon) Walikota Medan.

“Kita sadar dengan hanya 2 kursi di DPRD Medan harus lebih getol untuk melakukan lobi-lobi dengan partai lain dengan minimal dapat 8 kursi lagi sebagai syarat minimal mencalonkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota,” katanya lagi.

Maka dari itu, sebut Hendra, pihaknya kini membuka komunikasi kepada seluruh partai yang ada di Medan.
“Kita buka komunikasi lah, ke semua partai,”katanya lagi.

Disinggung partai apakah yang sudah menjalin komunikasi dengan Hanura Medan, Hendra masih menyebut secara lisan tawaran itu mulai disampaikan kepada beberapa pimpinan partai di Medan.

“Secara lisan sudah, nanti teknisnya pastilah komunikasi akan lebih intensif lagi,” aku Hendra..

Karenanya, dengan didorongnya kader sendiri maju Pilkada, dia berharap semua kader nantinya membantu secara maksimal.
”Bang El ini nanti mau saya masukkan (di Pilkada). Ini karena ada kader sendiri, saya minta semuanya all out, dan harus dibantu,”pungkasnya.

Diketahui Sebanyak 11 parpol yang meraih kursi di DPRD Medan hasil Pemilu 2024 tak satu pun yang memenuhi syarat untuk bisa mengusung pasangan calon (paslon) wali kota/wakil wali kota sendiri.

Semua parpol wajib berkoalisi untuk memenuhi syarat minimal 20% kursi atau 25% suara sah sebagaimana ketentuan dalam UU No 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota (UU PIlkada), Pasal 40 ayat (1).

Hanura pada Pemilu 2024 di Kota Medan hanya memperoleh 2 kursi ( 4%) di DPRD Medan. Dengan demikian, Hanura kurang 8 kursi lagi untuk mencukupi syarat minimal 10 kursi (20%) dari total 50 kursi di DPRD Medan.

Sedangkan pada Pilkada Medan 2020, PDIP dan Gerindra lah yang bisa mengusung paslon sendiri, karena meraih 10 kursi DPRD Medan. (h01)

Related News

Wagubsu: Kopi Arabika Tanah Karo Diminati Pasar Internasional

Redaksi

Rapat Dewan Ketapang Kabupaten Karo Penyaluran Cadangan Pangan

Redaksi

Danlanal Nias Cek Kesiapan Kendaraan Dinas

Redaksi