asarpua.com

Pemkab dan Forkopimda Karo Upacara Peringatan Harkitnas 2024

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2024, di Lapangan Kantor Bupati, Senin (20/05/2024). (Foto. Asarpua.com/dikkar)

ASARPUA.com – Karo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2024, di Lapangan Kantor Bupati, Senin (20/05/2024).

Membacakan pidato tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika, Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afrian Rangkuti menyampaikan bahwa Harkitnas tahun ini mengangkat tema bangkit menuju Indonesia emas.

“Hari berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 yang telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional,” sebutnya.

Masih kata Dandim, nasionalisme Jawa khas Boedi Oetomo diperluas menjadi nasionalisme yang mencakup keseluruhan orang orang di hindia Belanda. Perjuangan cita cita yang telah ditumbuhkan oleh Boedi Oetomo mencapai titik puncaknya pada proklamasi kemerdekaan.

“Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai jembatan emas yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri,” ujarnya.

Indonesia berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dirancangkan para pendiri bangsa. Bonus demografi yang dimiliki Indonesia harus dikelola dengan kebijaksanaan.

Salah satu penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Dalam aspek bisnis, sosial dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak mungkin lagi bagi bangsa Indonesia untuk berjalan lamban, karena akan berkejaran dengan waktu.

“Di titik ini lah seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati Cory Sriwaty Sebayang dan Wabup Theopilus Ginting bersama unsur Forkopimda Karo mengunjungi makam pahlawan untuk berziarah dan acara tabur bunga. (Asarpua)

Penulis : Serasi Sembiring

Related News

PT SGM Tidak Konsisten Percepatan Penyiapan LUT Relokasi Tahap III Siosar 

Redaksi

Bupati Cory Bangga Masyarakat Karo Kembangkan Budaya

FP3K Diskusi Pendidikan di  Kantor KOSWARI Karo

Redaksi