asarpua.com

PDAM Tirtanadi akan Bangun IPA Pancur Batu Kapasitas 40 Liter/Detik

ASARPUA.com– Medan- Di Kota Medan hampir setiap hari turun hujan. Namun ternyata berbanding terbalik dengan cuaca beberapa kawasan di Kabupaten Karo, seperti Rumah Sumbul, Lau Bengklewang, Puang Aja dan Lau Kaban yang merupakan kawasan sumber air baku Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sibolangit. Akibatnya, kapasitas produksi IPA Sibolangit mengalami penurunan antara 80 – 100 liter per detik. Normalnya kapasitas produksi IPA Sibolangit 600 liter per detik namun saat ini hanya 500 – 520 liter per detik saja.

Kepala Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi Jumirin mengungkapkan hal itu kepada wartawan menanggapi banyaknya laporan pelanggan terkait air mati dibeberapa wilayah pelayanan PDAM Tirtanadi, Senin (13/08/2018).

“Akibat musim kemarau yang melanda wilayah sumber air di Kabupaten Karo selama 1 bulan terakhir ini, kapasitas produksi IPA Sibolangit mengalami penuruan,” kata Jumirin.

Menurunnya kapasitas produksi IPA Sibolangit, mengakibatkan berkurangnya pasokan air kepada pelanggan dibeberapa wilayah pelayanan PDAM Tirtanadi terutama wilayah yang pasokan airnya bersumber dari IPA Sibolangit.

Adapun wilayah pelayanan yang terkena dampak penurunan kapasitas IPA Sibolangit yaitu Cabang Padang Bulan.

Pernyataan Jumirin diamini pemerhati lingkungan yang juga mantan Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Abdul Azis. Kata dia, hasil analisis curah hujan dasarian kedua bulan Juli 2018 yang dikeluarkan Stasiun Klimatologi Deli Serdang berada pada kategori rendah yakni dibawah 50 mm.

Mengantisipasi kejadian seperti ini berulang setiap tahunnya, maka untuk program jangka pendek PDAM Tirtanadi akan membangun Sumur Bor di Perumahan Puri Adam Malik kapasitas 10 l/d. Sedangkan untuk jangka panjang, PDAM Tirtanadi akan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pancur Batu kapasitas 40 liter per detik yang saat ini sudah memasuki tahap prakualifikasi dan uprating IPA DeliTua kapasitas 300 liter per detik yang akan dilelang dalam bulan ini. (as-01)

Related News

Maksimalkan Pelayanan, PDAM Tirtanadi Cuci Reservoir IPA Hamparan Perak

Redaksi

113 Tahun PDAM Tirtanadi, Launching SMS Gateway Bagi Pelanggan

Redaksi

Direksi Sampaikan Maaf Amblasnya Riol PDAM Tirtanadi

Redaksi