Narasumber Paparkan Teknik Peliputan dan Penulisan Berita

159

ASARPUA.com – Nias Selatan – Wakil Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rizal Rudi Surya, SH jadi narasumber pada hari kedua sosialisasi teknik Peliputan dan Penulisan artikel, bagi para wartawan, ASN dan Tenaga Harian Lepas (THL) berlangsung di Aula Hotel Yonas Jalan Pasir Putih Telukdalam, Rabu, (05/12/2018).

Rizal memaparkan, setiap berita yang dimuat topiknya harus menarik sehingga bermanfaat dan mudah dipahami oleh para pembaca.

“Jalan cerita tanpa peristiwa atau peristiwa tanpa jalan cerita tidak bisa disebut sebagai berita. jadi syarat sebuah berita setidaknya harus ada peristiwa dan jalan cerita,” tuturnya.

Menurut dia, setiap jalan cerita dan peristiwa jika belum dilaporkan atau belum ditulis oleh wartawan, tetaplah disebut peristiwa. “Artinya, berita adalah peristiwa yang dilaporkan,” imbuhnya.

Selain itu, agar setiap berita memiliki nilai maka dalam menentukan tema atau topik berita harus mudah dimengerti/ dipahami serta menarik untuk dibaca oleh pembaca.

Untuk mencari berita, lanjut dia, ada hal-hal yang ditempuh oleh wartawan yakni Observasi dan wawancara tujuannya supaya informasi disampaikan secara valid.

Dia menambahkan, dalam penulisan sebuah berita, wartawan wajib memenuhi unsur what (apa), siapa (who), kapan (when), dimana (where), mengapa (why), bagaimana (how) atau disebut 5 W+1H serta mempedomani Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Selain teknik penulisan berita, Rizal juga memaparkan teknik penulisan artikel. Artikel berbeda dengan produk Jurnalistik, dimana artikel dibuat berdasarkan referensi atau bahan pendukung lainnya dan cara penulisannya berupa karya ilmiah, skripsi, opini. Sedangkan produk Jurnalistik murni refleksi dan berdasarkan kaidah-kaidah Jurnalistik.

Usai pemaparan, diselingi dengan sesi tanya jawab antara para Wartawan dengan nara sumber. Pada hari pertama tampil sebagai Narasumber adalah Ketua PWI Sumut H Hermansjah dan acara dibuka oleh Bupati Nisel diwakili Asisten III Setdakab Nisel Setiaro Waruwu.  Penutupan acara dilakukan pada Rabu, (05/12/2018) oleh Staf Ahli Bupati, Bidang Ekonomi dan Keuangan Fatolosa Giawa didampingi Sekdin Diskominfo Hans Martin Wau. (as-hal).