Kapolres Nisel Tatap Muka dengan Masyarakat Lolowau

65
Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta saat menggelar tatap muka dengan Forkopimcam dan Tokmas Lolowau. (Foto. ASARPUA.com/halawa)

ASARPUA.com – Nias Selatan- Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta, SIK beserta rombongan menggelar tatap muka dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan Tokoh Masyarakat Lolowau di Aula Kantor Camat Lolowau, Kamis, (10/01/2019).

Kapolres beserta rombongan tiba dikantor Camat Lolowau kemudian disambut oleh Camat Lolowau Ya’aro Bu’ulolo,  Danramil Lolowau Kapten Suru A.N. Hutapea beserta Para Kepala Desa, Kepala BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Pegawai Kantor Camat Lolowau.

Kapolsek Lolowau Iptu A. Yunus Siregar, dihadapan Kapolres menyebutkan,  Kecamatan Lolowau termasuk Daerah Pemilihan (Dapil) 3 pada Pemilu tahun 2019 yang menjadi wilayah  hukum Polsek Lolowau terdiri dari 8 Kecamatan dan 99 Desa.

Kata dia, kasus kasus menonjol yang terjadi diwilayah Hukum Polsek Lolowau yakni kasus 351 (Penganiayaan).  “Adapun tindakan yang telah dilakukan untuk mengurangi tingkat kejahatan kasus tersebut yaitu Polsek Lolowau melakukan Razia Miras Tuak Nifaro di Wilkum Polsek Lolowau serta menghimbau Masyarakat untuk tidak mengkonsumsi Miras jenis Tuak Nifaro maupun jenis Miras  lainnya,”bebernya.

Sementara, Camat Lolowau Ya’aro Bu’ulolo mengucapkan selamat datang kepada Kapolres Nias Selatan di Kecamatan Lolowau.

Ia menjelaskan, pihaknya dan masyarakat akan mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu tahun 2019. “Saat ini, situasi wilayah Lolowau masih dalam keadaan aman dan Kondusif,”ujarnya seraya memohon kepada Kapolres untuk memberi arahan dan bimbingan tentang cara menjaga situasi Kamtibmas di Kecamatan Lolowau.

Senada juga disampaikan oleh sejumlah perwakilan dari Tokoh Masyarakat serta yang mewakili para Kepala Desa Se-kecamatan Lolowau.

Mereka juga mengakui bahwa pihak Polsek Lolowau sudah maksimal dalam menjaga keamanan diwilayah Hukum Polsek Lolowau sehingga tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. “Kami berharap kiranya Kapolsek Lolowau tetap dipertahankan untuk menjaga keamanan di Wilkum Polsek Lolowau mengingat atas kinerjanya selama ini yang sudah sangat bagus dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat Kecamatan Lolowau dan sekitarnya,”pinta mereka.

Selain itu, mereka berharap kepada Kapolres dapat menambah Pos Polisi dan Personil Polsek Lolowau guna memberikan rasa aman ditengah-tengah masyarakat Lolowau.

Kapolres Nisel  AKBP I Gede Nakti Widhiarta, dalam arahannya mengatakan, tujuan tatap muka ini sebagai salah satu wadah untuk saling mengenal karena kebetulan ia baru menjabat sebagai Kapolres Nisel.  

“Sekaligus juga guna mengenali daerah- daerah wilayah Hukum Polres Nias Selatan khusunya Wilayah hukum Polsek Lolowau ini serta saya juga ingin mengetahui langsung apa yang menjadi permasalahan-permasalahan yang ada dimasyarakat yang berhububgan dengan tugas Polri sehingga Polri dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Lolowau,”tuturnya.

Ia juga menyampaikan, tahun 2019 ini tepatnya pada tanggal 17 April 2019, akan dilaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan juga Pemilihan Legislatif. “Jadi, suksesnya pesta demokrasi itu nantinya, tergantung dari penyelengara maupun dari Masyarakat. Saya yakin Pesta demokrasi tahun ini akan dapat berjalan dengan aman dan lancar dan saya mengajak seluruh masyarakat khusunya Kecamatan Lolowau untuk bersama sama bekerja sama menjaga keamanan dan ketertiban di daerahnya masing-masing demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan Kondusif diwilayah Kabupaten Nias Selatan,”pungkasnya.

Ia juga menjelaskan,  jumlah personil Polres Nias Selatan saat ini sangat terbatas termasuk personil di Polsek Lolowau serta para Penyidiknya. “Artinya, ketika ada masyarakat yang melapor ke Polsek Lolowau tentang tindak Pidana KDRT ataupun pencabulan, personil Polsek selalu mengarahkannya ke Polres Nias Selatan karena untuk penanganan kasus terhadap perempuan dan anak-anak harus dilakukan oleh Polwan dimana personil Polwan hanya ada di Polres Nias Selatan. Jadi, makanya masyarakat diarahkan untuk melaporkannya ke Polres Nias Selatan.

Untuk kedepan, sambung dia, pihaknya mempunyai program dalam penanganan kasus KDRT, yakni penyidik Polwan akan datang langsung ke Polsek Lolowau untuk melakukan pelayanan kepada Masyarakat. “dan saya juga akan mengajukan kepada Bapak Kapolda untuk dilakukan penambahan personil Polres Nias Selatan sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi kepada masyarakat,”ujarnya.

Turut dalam rombongan Kapolres,  Kabag Ops Kompol Marrin Luther Dachi, S.Sos, sejumlah Kasat dan Personil Polres Nisel. (as-01)