asarpua.com

Industri Jasa Keuangan Penting dalam Pertumbuhan Perekonomian Sumut

ASARPUA.com – Medan – Industri Jasa Keuangan berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara (Sumut). Selain menjadi motor penggerak ekonomi,  juga sebagai penghubung antara unit surplus (penabung) dan unit defisit (peminjam).

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019,  Jumat (25/01/2019) di Hotel Santika Premiere Dyandra Jalan P Diponegoro Medan. “Peran serta Industri Jasa Keuangan di Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2018 yang lalu cukup signifikan,” ujarnya.

Hal itu, kata Wagubsu, ditandai dengan tumbuhnya kredit perbankan di Sumut, yaitu dari sisi konvensional mencapai sebesar 7 persen dan sisi syariah tumbuh sebesar 10,61 persen, sementara kredit bermasalah rata-rata sebesar 2,34 persen dan masih cukup terkendali. “Pertumbuhan kredit di Sumut secara agregat pada tahun 2019 diharapkan dapar lebih terakselerasi lagi ke level 11 persen sampai dengan 13 persen,” paparnya.

Karena itu, kata Ijeck, kolaborasi aktif Pemda dengan Industri Jasa Keuangan di Sumut diharapkan dapat terus ditingkatkan melaui forum Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan berbagai program turunannya yang berpihak kepada UMKM, petani, peternakan, maupun nelayan. “Pemerintah Provinsi Sumut siap mendukung keberhasilan program TPAKD bagi perkembangan Industri Jasa Keuangan yang kontributif bagi kemaslahatan ekonomi Sumut,” katanya.

Kemudian tingkat literasi dan inklusi keuangan yang terus meningkat, berkembangnya layanan teknologi finansial dan besarnya potensi pemanfatan pasar modal.   “OJK berharap kontribusi Sumut semakin besar dalam sektor keuangan nasional di 2019,” katanya.

Sementara itu, Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumbagut Yusup Ansori menyebutkan, keberhasilan OJK Regional 5 Sumbagut dalam mengedepankan dan meningkatkan fungsi literasi dan inklusi keuangan merupakan hasil kerja sama (kolaborasi) intensif.

Turut hadir pada acara tersebut anggota DPD RI Parlindungan Purba, Wakil Walikota Medan Akhyar  Nasution, Kepala OJK Wilayah Aceh, Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Barat. (as-01)

Related News

Wagubsu: Ulos Warisan Berharga Suku Batak

Redaksi

IPHI Sumut Bagikan Paket Sembako dan Uang Tunai

Redaksi

Wagubsu Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional

Redaksi