asarpua.com

IKWI Sumut Berkunjung ke Pabrik Fiesta

Ketua IKWI Sumut Fadia Achri Yulan bersama pengurus dan anggota IKWI Sumut lainnya pada kunjungan ke pabrik Fiesta di KIM, Mabar, Kamis (25/04/2024). (Foto. Asarpua.com/handover)

ASARPUA.com – Medan – Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia Sumatera Utara (IKWI Sumut) berkunjung ke pabrik makanan sehat siap saji Fiesta di Kawasan Industri Medan (KIM) Kamis (25/04/2024).

Kedatangan rombongan dipimpin Ketua IKWI Sumut Fadia Achri Yulan diikuti pengurus dan anggota IKWI Sumut ini disambut Koordinator Program Factory Visit, Elvia Siregar.

Elvia pun memperlihatkan tayangan video singkat tentang proses produk makanan yang diproduksi PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk ini.

“Proses produksi diolah dengan cara higienis dan halal menggunakan teknologi digital,” ujarnya.

Ia menyebut, ayam yang merupakan sebagai salah satu bahan utama produk, disembelih manual dengan tetap membaca doa sebelum dipotong.

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk punya pengembangbiakan ayam sampai pengolahannya dilakukan sendiri. Perusahaan ini bahkan punya pembuatan pakan ternak sendiri.

Ada empat pabrik tersebar di Indonesia, yakni di wilayah Banten Jakarta, Kabupaten Ngoro Surabaya, Kota Salatiga Semarang, dan Kota Medan Sumatera Utara.

“Pabrik yang ada di Medan untuk memenuhi kebutuhan makanan siap saji, enak, praktis dan terjangkau ini di kawasan Banda Aceh hingga Lampung,” sebutnya.

Dijelaskannya, tren makanan sekarang siap santap. Pabrik ini sudah berpangalaman dan telah memproduksi berbagai jenis makanan olahan siap saji dari daging ayam dan sapi baik berupa sosis, nugget serta berbagai varian lainnya.

Elvia menuturkan, proses pengolahan produk dilakukan dengan sistem metode IQF (Individual Quick Freezing) yang tidak mengubah rasa dan kandungan gizi.

“Produk diproses tanpa bahan pengawet. Hanya dengan mengandalkan suhu beku atau simpan di freezer, produk bisa awet sampai 1 tahun. Kami membekukan tapi tidak mengubah tekstur serta rasanya supaya produk tetap aman dikonsumsi dan nilai gizinya tak berkurang,” ungkapnya.

Elvia juga menyampaikan inovasi produk terbaru Fiesta, yakni Fiesta Ready to Serve. Seiring berjalannya waktu, masyarakat kini lebih memilih makanan yang praktis siap saji.

Sebelumnya, produk yang telah diluncurkan adalah Fiesta Ready To Go, dan Fiesta Crispy Series.

Produk Fiesta Ready To Serve ini ada tujuh varian yakni beef bulgogi, beef rendang, beef blackpaper, chicken rendang, chicken teriyaki, chicken rujak dan ayam sambal matah.

Sedangkan Fiesta Ready Meal ada 27 variant, diantaranya yang best seller ayam sambal matah dengan nasi (rice), chicken rendang dengan nasi, ayam geprek dengan nasi,
beef rendang juga dengan nasi dan spagetti bolognese. “Itu yang best seller,” ujarnya.

Dalam kunjungan ini rombongan IKWI Sumut berkesempatan melihat langsung proses produksi pengolahan nugge sosis, salah satu produk andalan perusahaan ini.

Selain Fiesta, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk juga memproduksi 4 brand (merek) lainnya yaitu Champ, Akumo, Okey, dan Asimo.

Fiesta pada serangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 19 Pebruari 2024 sebagai sponsor utama dalam “Lomba Masak Fiesta Ala Bintang Lima” yang diikuti IKWI Se Indonesia.

Jurinya merupakan chef andal yakni Steby Rafael, chef yang digandrungi kaum ibu karena kehandalannya mengolah makanan. (Asarpua)

Related News

Sekdaprovsu Hadiri Malam Pementasan Seni Budaya Nias Barat

Redaksi

Bank Indonesia Kick Off Forum Sistem Pembayaran Sumut

Redaksi

Ferianta Purba Apresiasi Kinerja Satres Narkoba Polres Tanah Karo

Redaksi