asarpua.com

Hasil Hitung Cepat Eramas Unggul dalam Pilgubsu

ASARPUA.COM, Medan – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu), Rabu (27/06/2018) telah selesai. Hasil hitung cepat (quick count) menempatkan pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah meraih suara terbanyak.

Selengkapnya sesuai data yang dirilis Lingkaran Survey Indonesia (LSI Network Denny JA) dari hasil quick count Pilgubsu 2018, pasangan nomor urut 1 Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Eramas) unggul dalam perolehan suara yakni 56,52%. Sementara pasangan nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus memperoleh 43.48 %.

Hasil hitung cepat itu disampaikan peneliti senior LSI Rully Akbar dalam keterangan pers kepada wartawan di Hotel Danau Toba, Rabu (27/6/2018).

Dijelaskan Rully, hasil ini merupakan hasil kajian dari 350 TPS pada seluruh kabupaten/kota yang mereka jadikan sample data pada proses hitung cepat tersebut.

dalam Pilgubsu 2018 terdapat jumlah pemilih 9.050.622 dan jumlah TPS sebanyak 27.478 yang tersebar di 6.110 kelurahan dan 444 kecamatan di Sumatera Utara.

“Dari jumlah itu maka diambil sampel 350 TPS yang tersebar secara proporsional dan dipilih secara acak di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara,” kata Rully.

Menurut Rully hasil hitung cepat ini merupakan hasil yang menjadi kesimpulan akhir mereka. Meski demikian, hasil resmi harus tetap menunggu hasil perhitungan dari KPU Sumatera Utara yang rencananya akan dilakukan pada 7-9 Juli 2018 mendatang.

Pilkada serentak yang ditetapkan sebagai hari libur nasional berlangsung aman dan sukses di Sumatera Utara.  (as-01)

Related News

Edy-Ijeck Gubernur Sumut, Nias Butuh Sentuhan Pembangunan

Redaksi

Walikota Medan Tinjau Sejumlah TPS

Redaksi

Walikota Medan dan Keluarga Mencoblos di TPS 36 Komplek Citra Wisata

Redaksi