asarpua.com

Harganas 2018 Tingkat Provinsi, Keluarga Ujung Tombak Kesejahteraan Sumut

ASARPUA.COM – Medan – Keluarga memiliki peran penting dalam pembangunan sebuah bangsa. Keluarga menjadi ujung tombak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, guna mewujudkan Sumatera Utara yang sejahtera dan bermartabat.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi pada acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Provinsi Sumut ke-25 yang diadakan di Lapangan Pantai Pondok Permai Serdang Bedagai, Rabu (19/09/2018). “Karena itu, peringatan Hari Keluarga Nasional ini sangat penting,” ujar Edy Rahmayadi.

Peringatan Harganas, menurut Gubernur Edy, juga perlu untuk mengingatkan kembali tentang pentingnya mencintai dalam keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga.

Terkait laju pertumbuhan penduduk di Sumut yang mencapai 2,9 persen, Gubernur Edy mengatakan akan terus menjalankan program keluarga berencana dari pusat hingga daerah. “Karena itu program, pasti ada dananya, harusnya bisa,” ujarnya.

Pada masa lalu, kata Edy, laju pertumbuhan penduduk bisa ditahan dengan program pemerintah dan kerjasama berbagai komponen saat itu. ” Kita dulu pernah bisa, tahun 70-an pernah bisa semuanya  kompak, Forkopimda dari pusat hingga daerah. Ini kalau bekerjasama seperti itu insya Allah akan berjalan lagi,” katanya.

Kepala Dinas Pengendalian Anak dan Keluarga Berencana Sumut Drs Ria Nofida Telaumbanua mengatakan peringatan Harganas Tingkat Provinsi ke 25 bertujuan untuk mengingatkan kembali pentingnya mencintai keluarga dan perencanaan menjadi keluarga yang baik.

“Kegiatan Harganas 2018 ini diadakan selama 2 hari, mulai dari tanggal 18 hingga 19 September. Pada rangkaian Harganas tingkat provinsi tersebut juga dilakukan berbagai kegiatan, termasuk lomba terkait keluarga hingga bedah rumah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau program bedah rumah yang diadakan dalam rangka Harganas 2018 di Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan, Serdang Bedagai. Gubernur juga menyerahkan kunci rumah kepada penerima manfaat bedah rumah dan memasangkan plang alamat pada rumah yang dibedah.

Menurut Kepala Dinas Penataan Ruang Dan Permukiman Provsu Ida Mariana, program bedah rumah dalam rangka Harganas tersebut masuk dalam APBD. Rumah yang dibedah sebanyak 30 unit di 3 desa dan 3 kecamatan. Ada juga 3 jalan setapak yamg dibangun untuk itu. “Mudah mudahan ini ke depan akan berjalan terus dan berjalan dengan simultan, sebab masih ada kurang lebih 156.000 rumah tidak layak huni lagi di Sumut,” ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, Bupati Labuhan Batu Utara Khairuddin Syah Sitorus, OPD Provinsi Sumatera Utara, Forkopimda Serdang Bedagai, Ketua TP PKK Provsu Nawal Lubis, anggota PKK se Sumatera Utara, serta masyarakat dan undangan lainnya. (as-01)

Related News

Gubsu Ajak Para Petambang Beralih ke Pertanian

Redaksi

Gubsu akan Tandatangani Komitmen Pencegahan Korupsi dengan KPK

Redaksi

Gubsu, Kapoldasu dan Pangdam I/BB Bersama Lintas Agama, Berdoa untuk Sinabung

Redaksi