Gubsu Buka MTQ ke-37 Tingkat Provinsi di Tebing Tinggi

204
Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi menghadiri sekaligus membuka secara langsung Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)  XXXVII Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2020 di Kota Tebing Tinggi, Sabtu (05/09/2020). (Foto. ASARPUA.com/humpes)

ASARPUA.com – Tebing Tinggi – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) di Kota Tebing Tinggi, resmi dibuka oleh Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi dengan bacaan Alfatiha dan sirene di hadapan ribuan masyarakat dan peserta di Lapangan Sri Mersing, Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi, Sabtu (05/09/2020).

Dalam sambutannya, Gubsu menekankan kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk lebih bekerja keras menyiapkan para peserta hingga melahirkan juara untuk dipersiapkan menghadapi MTQ tingkat nasional yang akan berlangsung November mendatang di Sumatera Barat. Karena itu, Dewan Hakim pada penyelenggaraan MTQ ke-37 tahun 2020 tingkat provinsi ini benar-benar menyeleksi seluruh kafilah yang akan bertanding.

Gubsu menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ kali ini, serta masyarakat yang antusias menyaksikan kegiatan tahunan tersebut, meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19. Sebab menurutnya, agenda ke-Islam-an seperti ini biasanya membawa rahmat dan ketenteraman bagi seluruh makhluk Allah sebagaimana hadirnya Islam dalam kehidupan manusia.

“Saya berharap semua bisa berbuat yang terbaik untuk syiar Islam. Karena Islam itu adalah rahmatan lil alamin, rahmat seluruh alam,” sebut Gubsu didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Di akhir pidato, Edy menyampaikan harapan agar dari MTQ ke-37 ini, lahir para putra putri terbaik yang bisa membanggakan Sumut di kancah nasional, menjadikan Sumut bermartabat.

Sementara Ketua LPTQ Sumut Asren Nasution dalam sambutannya menyebutkan bahwa hasil kunjungan mereka ke berbagai kabupaten/kota, semangat seluruh kafilah tidak surut untuk terus belajar dan berlatih mempersiapkan diri memberikan prestasi terbaik pada MTQ yang juga telah lama dinantikan. Padahal saat ini, kondisi pandemi Covid-19 belum selesai.

Baca Juga  Polres Labuhanbatu Ungkap Perdagangan Kulit Harimau

Mengingat MTQ Nasional hanya tinggal 60 hari, Asren menyebutkan, terhitung mulai 13 September 2020 yang akan datang, peserta terbaik akan memasuki pemusatan latihan yang akan dilatih dan dibina oleh putra putri terbaik se-Sumut yang telah berprestasi di ajang MTQ Nasional maupun Internasional serta para guru besar yang ahli di bidangnya.

Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi atas perhatian besar kepada pelaksanaan MTQ Provinsi.

Sedangkan dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-37 tingkat Provsu Oki Doni Siregar menyebutkan bahwa sebanyak 1.197 orang kafilah akan mengikuti kegiatan ini dengan pembagian 7 cabang yakni Seni Baca Alquran, Hafalan Alquran, Tafsir Alquran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Seni Kaligrafi Alquran dan Karya Tulis Ilmiah.

Sebelum beranjak, Gubsu dan rombongan mengunjugi stan pameran UMKM yang memeriahkan pelaksanaan kegiatan tersebut. Turut hadir diantaranya Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, Sekdaprov Sumut R Sabrina beserta para pimpinan OPD. (asarpua-01)