Mantan Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi Surbakti Meninggal Dunia

1094
Mantan Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti semasa hidupnya dikenal dekat dengan masyarakat kecil dan cinta budaya. (Foto. Asarpua.com/handover)

ASARPUA.com – Kabanjahe – “Selamat jalan ke keabadian, Bapak DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti. Mantan Bupati Karo. Masyarakat Karo mengenalmu sebagai sosok seorang bupati yang ramah dan peduli budaya. Kami mengenangmu dengan manis,” begitu salah satu caption yang dikutip ASARPUA.com dari ribuan pesan ucapan duka cita disampaikan untuk seorang putra Karo ‘fenomenal’ Kena Ukur Karo Jambi Surbakti yang memenuhi laman media sosial, FB, grup WhatsApp, Minggu (06/09/2020) pagi.

Kena Ukur Karo Jambi Surbakti yang lebih dikenal dengan nama Karo Jambi meninggal Dunia, Minggu (06/09/2020) di Rumah Sakit Colombia Asia Jalan Listrik Medan. Lahir di Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, 17 November 1946, merantau ke Jambi dan dikenal sebagai pebisnis ulung yang sukses. Di era reformasi mencoba peruntungan hidup di dunia politik. Kiprahnya diperpolitikan di Kabupaten Karo mengantarkannya menjadi Anggota DPRD Kabupaten Karo periode 2009-2011 dan Ketua DPD Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) tahun 2009-2012, menjadi Bupati Karo periode 2011-2016 berpasangan dengan Terkelin Brahmana. Dari tahun 2012 hingga akhir hayatnya Karo Jambi adalah Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Karo.

DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti Mantan Bupati Karo yang juga menjadi bakal calon pada Pilkada Karo 2020. (Foto. ASARPUA.com/handover)

Namun ditahun 2014 tepatnya pada 11 Juli 2014, Gubernur Sumatera Utara saat itu dijabat Gatot Pujo Nugroho menyerahkan Surat Keputusan (SK) Presiden yang berisikan pemberhentian Karo Jambi sebagai Bupati Karo, setelah di ‘hantam’ gelombang unjuk rasa massal berkepanjangan.

Belum Sempat Mendaftar ke KPUD Karo

Kabar meninggalnya Karo Jambi yang dinyatakan ikut meramaikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karo 2020 berpasangan dengan politisi Golkar Paulus Sitepu, seketika menjadi ‘ramai’ dan mau tidak mau merubah peta perpolitikaan di Pilkada Karo 2020. Karena meskipun pasangan bakal calon (Balon) Bupati/Wakil Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti – Paulus Sitepu belum sempat mendaftar ke KPUD Karo tapi pastinya pasangan Balon ini didukung tiga partai yaitu Partai Demokrat, PAN dan Golkar. Lalu kemanakah ketiga partai pendukung ini berlabuh menyatakan dukungan sepeninggal Karo Jambi, mengingat detik-detik pendaftaran pasangan Balon akan ditutup hari ini, Minggu (06/09/2020) pada pukul 00.00 WIB.

Sumber ASARPUA.com menginfokan di sudut ruangan ada sosok Si ‘Tuan Besar’ nanar menatap seluler menunggu panggilan terakhir naik kapal berlayar di penghujung waktu. Benarkah Si ‘Tuan Besar’ kembali ikut bertarung? Andikoo

Masih Bisa Diganti

Anggota DPRD Karo dari Fraksi Partai Demokrat, Raja Urung Mahesa Tarigan, yang dikonfirmasi wartawan membenarkan informasi mengenai berita duka tersebut.

Dikatakan Raja Urung Mahesa lagi, dengan meninggalnya Kena Ukur Karo Jambi tentu masyarakat Karo sangat kehilangan. Selain sebagai ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Karo, Karo Jambi juga merupakan salah satu putra terbaik Karo.

“Kepada seluruh rekan, sahabat dan teman mohon dimaafkan jika ada kesalahan dan kekhilafan dan semoga almarhumah diterima amal ibadah,” tutur Raja Mahesa Tarigan.

“Sampai saat ini, Kena Ukur Karo Jambi bersama pasangannya belum ada mendaftar ke KPU Karo. Dia (Karo Jambi) tercatat sebagai Calon Bupati Karo masih di Partai. Jadi tetap kembali ke partai, kalau diganti tetap bisa mendaftar ke KPU Karo,” kata Gemar.  (asarpua)

Penulis: Johni Sembiring