asarpua.com

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo Melaksanakan Pembutan Eco Enzyme

DLH Kabupaten Karo melaksanakan pembuatan Eco Enzyme di Halaman Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo. (Foto. Asarpua.com/dikkar)

ASARPUA.com – Karo – Dalam mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai target Net Zero Emission, salah satu solusi yang dapat diandalkan adalah dengan menerapkan inovasi Eco-Enzyme.

Eco-Enzyme merupakan solusi alternatif yang ramah lingkungan dalam mengolah sampah, terutama di tingkat masyarakat sebagai lini terkecil.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karo melaksanakan pembuatan Eco Enzyme di Halaman Dinas Lingkungan Hidup Kab. Karo pada Jumat, (22/03/2024) mulai sekitar pukul 08.30 WIB sebagai program inovasi Daerah di OPD nya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo Radius Tarigan ST, mengatakan, hari ini kita bersama seluruh staf/pegawai kantor Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan program inovasi Kedinasan dengan membuat Eco – Enzyme.

Kedepannya kita ingin menggandeng para Camat, penggiat bank sampah dan stake holder lainnya untuk menggalakkan pembuatan eco enzyme untuk bisa mendapat atau merasakan manfaatnya, katanya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Rutina br Sembiring, S. Sos, M.IP memaparkan, kegiatan kita hari ini dalam pembuatan eco – enzyme sesuai dengan program inovasi daerah tahun 2024 yang sudah di mulai dari tahun 2023 lalu, sesuai dengan Perda Kab. Karo no 7 tahun 2022 tentang inovasi, bahwa setiap OPD ( Organisasi Perangkat Daerah) membuat inovasi di Dinas masing – masing.

“Maka dari itu, seperti yang di sampaikan Bapak Kepala Dinas tadi, yang kita laksanakan bisa bermanfaat dan tepat sasaran”. Kita mengelola sampah organik menjadi Eco – Enzyme yang nantinya harapan kita, bisa menjadi pengganti pupuk kimia, bisa untuk pembersih lantai dan manfaat manfaat lain, ujarnya.

Kabid P4 Dinas Lingkungan Hidup, Gloria Tarigan ST, menambahkan, ini bahan Eco Enzyme nya kita racik dari beberapa jenis buah – buahan dan akan kita permentase minimal 100 hari atau 3 bulan baru bisa di gunakan.

Eco Enzyme sangat banyak manfaat salah satunya bisa mematikan bakteri patogen sehingga bagus di gunakan untuk pembersih lantai, meja, dan untuk rendaman kaki. Di masa pandemi kemarin banyak juga di gunakan sebagai anti virus Covid-19.

Harapan kita program ini bisa berjalan dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat terkhusus di Kabupaten Karo ini tutupnya. (asarpua)

Penulis: Serasi Sembiring

Related News

UMKM Sektor Parisiwata dan Ekonomi Kreatif Dapat Akses Permodalan dari Pemerintah

Redaksi

Bobby Nasution Dampingi Menhub Tinjau Mastran BRT di Terminal Amplas

Redaksi

49.621 Pendaftar UTBK SBMPTN Bertarung Masuk USU dan Unimed

Redaksi