asarpua.com

BI Sumut Sulap Kampung Nelayan Jadi Kampung  Wisata

ASARPUA.com – Medan – Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa program peningkatan kapasitas ekonomi di bidang pariwisata dan meresmikan Kampung Pelangi di Jalan Chaidir Kampung Nelayan lndah, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Sabtu (30/03/2019).

Program ini diselaraskan dengan visi Bl untuk berkontribusi nyata terhadap perekonomian Indonesia, melalui refocusing terhadap tema program yang mendorong upaya mengurangi CAD (Current Account Deficit) dengan tetap memperkuat upaya pengendalian inflasi.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk tali kasih dan kepedulian BI pada lingkungan dan diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kampung Nelayan Indah.

“Latar belakang pemberian bantuan BI ini adalah harapan masyarakat di Kampung Nelayan lndah untuk meningkatkan kesejahteraan warga dengan menjadikan Kampung Nelayan sebagai kampung wisata dengan sebutan Kampung Pelangi,” ucapnya.

Oleh sebab itu, BI memberikan bantuan berupa pengecatan rumah warga berwarna pelangi di Kampung Nelayan ini yang dihuni kurang lebih 250 KK  serta bantuan pembuatan pagar jempatan, kursi taman serta tong sampah.

Sebagai bagian dari tugas BI yaitu pengendalian inflasi, kata Rosmaya, KPw BI Sumut aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai inflasi, melalui ajakan kepada warga untuk menanam tanaman bahan pangan yang memberikan andil inflasi di Kota Medan yaitu cabai merah dan sayur-sayuran.

“Dalam hal ini KPw BI Sumut juga turut bantuan berupa peralatan tabulampot vertikal dengan menggunakan paralon fiber disertai dengan bibit tanaman. BI juga mendukung pemberdayaan masyarakat Kampung Nelayan melalui pelatihan pengelolaan tanaman dalam pot, sehingga diharapkan produktivitas tanaman dapat meningkat dan pada akhirnya dapat memberikan nilai tambah bagi warga Kampung Nelayan ini,” ujar Rosmaya.

Selain itu, BI Sumut juga memberikan bantuan bibit ikan nila, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga, baik untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual kembali.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provsu (KPw Bl Prov Sumut), Wiwiek Siswo Widayat mengatakan untuk menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan minat belajar serta dalam menjauhkan anak serta remaja di Kampung Nelayan dari pergaulan dan aktivitas yang negatif, KPw BI Sumut juga memberikan bantuan pojok baca.

“Dengan pemberian bantuan ini, anak-anak dapat mengisi aktivitasnya dengan aktivitas positif seperti membaca dan berkreativitas,” ucap Wiwiek.

Wiwiek menjelaskan secara menyeluruh, program bantuan BI kepada warga masyarakat di Kampung Nelayan Indah diharapkan dapat memacu produktivitas, meningkatkan kesejahteraan serta memberikan nilai tambah bagi masyarakat baik secara sosial maupun ekonomi.

Plt Sekretaris Daerah Perwakilan Sumut, Agus Priyono mengatakan
peresmian Kampung Pelangi ini merupakan bentuk kepedulian sosial dari BI dalam memberikan kontribusinya guna memecahkan persoalan ekonomi masyarakat Provinsi Sumut khususnya masyarakat di Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan.

“Kami sangat menghargai BI yang senantiasa berkontribusi dan peduli terhadap permasalahan-permasalahan sosial dan ekonomi di masyarakat, BI juga tetap bersinergi kepada pemerintah Provinsi Sumut dan saya berharap ini kiranya program di kampung ini dapat dikembangkan di daerah-daerah lain,” ujar Agus

Ia menjelaskan agar BI akan terus memberikan bimbingan dan melakukan pendampingan serta memberikan bantuan bagi masyarakat khususnya di Provinsi Sumut, Kota Medan agar kedepannya segala tantangan yang akan dihadapi dapat menjadi lebih ringan.

Lebih lanjut, Camat Medan Labuhan, Arrahman Pane mengatakan ada 85 rumah yang sudah dicat tahap pertama. Selain itu, bantuan yang diberikan BI ini, ada pembangunan pendopo untuk tempat pertemuan dan pojok baca.

“Rencananya pojok baca ini akan diisi komputer dan internet. Warga juga diberikan pelatihan penanaman sayur, cabai dan pemberiaan bibit ikan, semua bantuan BI ini dalam bentuk barang. Anugerah terbesar buat Medan Labuhan,” kata Arrahman.(as-15)

Related News

Rektor Unimed Lantik Wakil Rektor, Dekan dan Ketua LPPMP 

Redaksi

Pemilu Kondusif, Pemko Apresiasi KPU dan Forkopimda Medan

Redaksi

Kanit Reskrim Polsek Deli Tua Iptu Imanuel Ginting Dimakamkan di Ujung Bandar, Karo

Redaksi