asarpua.com

Bekali Calon Haji, Pemkab Asahan Gelar Manasik

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar Manasik Haji, Jumat (03/05/2024) di Pendopo Rumah Dinas Bupati. (Foto. Asarpua.com/dikas)

ASARPUA.com – Asahan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar Manasik Haji, Jumat (03/05/2024) di Pendopo Rumah Dinas Bupati. Kegiatan ini untuk membekali para jamaah calon haji agar memiliki persiapan optimal berangkat ke tanah suci Mekah.

Hadir membuka kegiatan tersebut, Sekdakab Asahan John Hardi Nasution dalam arahannya menyampaikan bahwa manasik haji merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemkab dalam mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji.

“Kegiatan ini bertujuan, agar calon haji memiliki bekal tentang tata cara pelaksanaan haji sehingga beribadah berjalan lancar dan benar sesuai kaidah agama,” jelasnya.

John bilang, kegiatan ini nantinya memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi jamaah, baik menjelang pemberangkatan, pada saat pelaksanaan hingga kembali ke daerah asal.

“Saya berharap agar seluruh calon haji sungguh-sungguh mengikuti bimbingan, rajin membaca, mempelajari materi, agar pengetahuan tentang ibadah haji terus bertambah, sehingga nantinya mendapat predikat haji mabrur,” harapnya.

Sebelumnya, Kabag Kesejahteraan Rakyat Setdakab Asahan Basuki melaporkan, manasik haji akan berlangsung selama tiga hari ke depan, dimulai dari 3 – 6 Mei 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 371 orang.

“Perlu kami sampaikan bahwa pemberangkatan jama’ah calon haji Kabupaten Asahan di kelompokan dalam 2 kloter,” terangnya.

Basuki lanjut menerangkan, untuk kloter pertama, yang memasuki Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan pada tanggal 12 Mei 2024 jumlah jama’ah 360 orang terdiri dari jama’ah laki-laki 136 orang dan perempuan 216 orang.

Sedangkan untuk 18 orang yang terdiri dari jama’ah laki-laki 8 orang dan perempuan 10 orang akan berangkat pada kloter 14 bergabung dengan Kabupaten Deliserdang, Tapanuli Utara dan Humbahas yang akan memasuki Asrama Haji pada tanggal 27 Mei 2024 ditambah dengan 8 orang petugas kloter. (Asarpua)

Reporter : Nirwan Pase

Related News

Bupati Asahan Dampingi Pj Gubsu Lepas Calhaj Kloter 1

Ratusan Mobil Hias Semarakkan Pawai Takbir Idul Fitri di Asahan

Bupati Asahan Berikan Cenderamata Purna Tugas