asarpua.com

Guro-guro Aron Masyarakat Karo Deli Serdang Sukses dan Meriah

ASARPUA.com – Deli Serdang – Dalan rangka meningkatkan silahturahmi seluruh warga masyarakat Karo di Kabupaten Deli Serdang digelar pesta hiburan rakyat kesenian Karo “Gendang Guro-Guro Aron” yang diprakarsai PMS (Pemuda Merga Silima). Acara berlangsung sangat meriah di Open Stage Kompleks Perkantoran Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam Jum’at (01/02/2019) malam.

Pesta Guro-Guro Aron Masyarakat Karo menghadirkan bintang-bintang Karo yang top yaitu perkolong-kolong Rimta Br Ginting, Sabrina Br Sitepu, Batwin Ginting /Bejeng dan Faisal Tarigan serta bintang tamu Jusuf Bangun dan Tah Polnang,

Acara dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang Zainuddin MARS, Kapolres Deli Serdang AKBP Eddy Suryantha Tarigan SIK, Dandim 0204 DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Kadis Kominfo Drs Haris Binar Ginting dan OPD terkait lainnya, Ketua DPP PMS Indonesia Mbelin Sembiring Brahmana, Ketua DPD PMS Deli Serdang Martin Luther Bangun, Tokoh Karo Sangken Sembiring, para Camat dan undangan lainnya.

Kapolres Deli Serdang AKBP Eddy Suryantha Tarigan SIK, sesepuh masyarakat Karo menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Deli Serdang yang telah mendukung terlaksananya pesta hiburan rakyat Guro-guro Aron. Demikian juga pengurus Pemuda Merga Silima selaku pelaksana kegiatan yang berlangsung cukup meriah dalam suasana kekeluargaan.

“Guro guro Aron kali ini dipuastkan di Ibukota Kabupaten Deli Serdang dihadiri ribuan masyarakat Karo di daerah ini yang memang jumlah nya pada data statistk mencapai 17 %. Tentu kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh rasa kebersamaan serta melestarikan khasanah budaya bangsa, khususnya kesenian masyarakat Karo sebagai salah satu kekayaan budaya bangasa berkontribusi bagi pembangunan bangsa ini,” urai Eddy Suryantha.

Edy Suryantha juga mengatakan, pesta Guro-guro Aron ini adalah salah satu seni budaya yang mengasikkan. Selama ini hanya digelar di beberapa Kecamatan saja, karena itu dengan dilaksanakannya pesta Guro-guro Aron di tingkat Kabupaten ini , ke depan dijadikan sebagai kalender tahunan Pemkab Deli Serdang.

Dikatakannya, dunia memang dihuni berbagai suku bangsa dan agama hidup rukun dan damai karena saling toleransi dan menghargai perbedaan, demikian juga di Kabupaten Deli Serdang yang sejak dahulu menjadi kebanggan kita, termasuk masyarakat Karo. Karena itu harus kita pertahankan terlebih dalam menghadapi pesta demokrasi Pilpres dan Pileg yang sebentar lagi dilaksanakan harus kita sukseskan. Saat ini banyak berita-berita yang tidak jelas sumbernya yang menyebarkan isu agama dan membuat ujaran kebencian, harus kita hindar,” tegas Edy Suryantha.

Selanjutnya sambutan Ketua Umum PMS Indonesia Mbelin Sembiring Brahmana, menghimbau agar masyarakat Karo di seluruh dunia ini bersatu.

“Terlebih-lebih Deli Serdang ini, Kapolresnya juga putra Karo yaitu AKBP Eddy Suryantha Tarigan SIK agar seluruh masyarakat Karo se-Kabupaten Deli Serdang dapat membantu  kinerjanya dalam menciptakan keamanan di Kabupaten Deli Serdang,” kata Mbelin Brahmana.

Mbelin menambahkan, ula pemela-melaken kalak Karo, (Jangan membuat malu orang Karo) , kita tidak mau menyakiti  tapi jangan sempat disakiti, kalau disakiti harus rapatkan  barisan,” pesan Mbelin tegas.

Sementara Wakil Bupati Deli Serdang Zainuddin MARS mengatakan bahwa pesta Guro-guro Aron yang dilaksanakan ini sebagai salah satu bentuk pelestarian tradisi masyarakat Karo yang rutin dilakukan.

“Guro guro Aron ini memiliki arti dan makna penting karena disamping sebagai forum untuk saling mengenal dan lebih mempererat jalinan persaudaraan dalam upaya menjaga kelestarian dan mewariskannya kepada generasi penerus bangsa. Karenanya Pesta Guro-guro Aron ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk terus melakukan upaya pembinaan seni budaya secara berkesinambunagn selain sebagai hiburan juga sekaligus menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya daerah,” kata Zainuddin MARS . (as-15)

Related News

Pemkab Deli Serdang Akan Tinjau Ulang Izin PKS PT LAB

Redaksi

Ada Indikasi Pergeseran Suara Calon DPD Sumut di Deli Serdang

Redaksi

Polsek Delitua Bekuk Dua Pembacok Warga Suka Makmur

Redaksi