asarpua.com

11.233 Orang Warga Binaan Lapas di Sumut Dapat Remisi HUT RI

ASARPUA.COM – Medan – Pejabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA menyerahkan secara simbolis SK Remisi Umum kepada 11.233 orang warga binaan rutan dan lembaga permasyarakatan (Lapas) se-Sumatera Utara,  di Tanjung Gusta, Jumat (17/08/2018).

“Setiap Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, negara memberikan remisi kepada warga binaan permasyarakatan yang merupakan bagian dari sistem pembinaan bagi warga binaan. Diharapkan kelakuan warga binaan semakin baik dan memperoleh reward, yaitu remisi,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam sambutan Menteri Hukum HAM yang dibacakan Pj Gubsu Eko Subowo disebutkan, pemberian remisi kepada warga binaan merupakan perwujudan dari kemajuan dan perlindungan Hak Asasi Manusia, sebagai salah satu saran hukum yang penting dalam rangka mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan bagi warga binaan yang berkelakuan baik dan memenuhi syarat lainnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provsu Drs Priyadi, Bc.IP.MSi mengatakan remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantive. “Khususnya mereka yang berkelakuan baik dan aktif mengikuti program pembinaan yang ditentukan oleh lembaga permasyarakatan bersama-sama dengan balai permasyarakatan,” katanya.

“Jumlah warga binaan di Provsu saat ini 33.183 orang dengan kapasitas lapas dan rutan se Sumut 11.275 orang. Ini berarti kapasitas lapas dan rutan di Sumut overload sekitar 164 persen dari jumlah warga binaan yang ada di Sumut,” ujarnya.

Turut Hadir Sekdaprovsu R Sabrina, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas S Sitorus SE MPd, Kabiro Pemerintahan Setdaprovsu Afifi Lubis, Kalapas Lapas Kelas I Tanjung Gusta Budi Arga Situngkir dan jajaran Kanwil Kemenhukham Provsu dan para warga binaan Lapas Kelas 1 Tanjung Gusta. (as-01)

Related News

Pj Gubsu Eko Subowo Puji Keunikan Wisata Bawomataluo Nisel

Redaksi

206 Orang Napi di Rutan Klas II B Kabanjahe Dapat Remisi

Redaksi

Pj Gubsu Harap Prestasi Mukmin Azis Dapat Memotivasi Siswa Lain

Redaksi