asarpua.com

Wantimpres Kaji Kondisi Demokrasi di Sumatera Utara

ASARPUA.COM – Medan – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj Sabrina MSi menyambut rombongan tim khusus yang dibentuk oleh Dewan Pertimbangan Presiden RI (Wantimpres) untuk mengkaji kondisi demokrasi di seluruh provinsi Indonesia, termasuk Sumatera Utara (Sumut).

Kami siap untuk mendukung kebutuhan-kebutuhan data maupun informasi yang Bapak dan Ibu butuhkan,” ujar Sabrina saat menerima kunjungan Wantimpres di Ruang Marahalim Lt.9 Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Selasa (14/08/2018).

Dalam sambutannya, Sabrina menggambarkan kondisi demokrasi dan keberagaman perbedaan yang selama ini terjadi di Sumut. Kata Sabrina, Sumut sangat terkenal dengan keberagaman yang kaya. Namun, hal tersebut tidak menjadi penghambat dalam melaksanakan proses demokrasi di Sumut.

“Watak orang-orang Sumut memang terkenal keras, tetapi saya rasa orang di Sumut ini cukup dewasa dalam menyikapi perbedaan-perbedaan. Sejak dahulu, masyarakat Sumut hidup berdampingan dengan satu sama lain dengan rukun dan harmonis,” katanya.

“Saat Pilkada serentak juga, banyak pihak yang memuji kita. Karena, terlaksana dengan kondusif. Partisipasi pemilih kita melampaui target awal 60 persen, di lapangan hingga 62,35 persen,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Pengkaji Dr Surya Wiranto SH MH menyampaikan  dalam rangka memantapkan pembangunan demokrasi di Indonesia, tim khusus pengkaji dibentuk oleh Wantimpres untuk mengetahui Indeks Demokrasi di setiap provinsi secara khusus, dan Indonesia secara umum.

Adapun aspek-aspek yang diukur dalam indeks diantaranya adalah kebebasan sipil, hak-hak politik, dan lembaga demokrasi yang terbagi dalam sejumlah variabel dan indikator. (as-01)

Related News

Lepas Ekspor Sarang Burung Walet, Sekdaprovsu: Kembangkan Produk Hilirnya

Redaksi

Ramah Tamah Dewas dengan Direksi PDAM Tirtanadi, Sabrina: Kepuasan Pelanggan Prestasi Kita

Redaksi

Kesultanan Bilah Bagian Sejarah Sumut Harus Dilestarikan

Redaksi