asarpua.com

Walikota Medan Tinjau Pemungutan Suara Ulang di TPS 35 dan 13

ASARPUA.com – Medan – Walikota Medan Dzulmi Eldin meninjau pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 35 Jalan Gereja, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan  Barat dan TPS 13 Jalan Amal Luhur, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia, Kamis (25/04/2019). Selain berjalan dengan lancar, antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak suaranya guna memilih calon legislatif maupun presiden dan wakil presiden cukup tinggi.

PSU digelar menyusul adanya beberapa kesalahan penyelenggaraan sebagaimana ditetapkan dalam Undang-Undang Pemilu No.7/2017. Di TPS 35, PSU diselenggarakan akibat adanya 35 warga dari luar daerah yang melakukan pencoblosan tanpa form A5 atau surat pindah memilih, sedang di TPS 13  karena tidak adanya surat suara untuk pemilihan DPRD Kota Medan daerah pemilihan (dapil) 1.

Peninjauan ini dilakukan Walikota bersama Kapolresta Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rismansyah beserta Ketua KPU Kota Medan Agusyah Damanik. Saat peninjauan dilakukan, warga tengah antri menunggu giliran melakukan pencoblosan di bilik suara.

TPS pertama yang dikunjungi Walikota beserta rombongan adalah TPS 35. Di tempat itu terdapat 270 pemilih dengan perincian 130 pemilih laki-laki dan 140 pemilih perempuan. Di samping itu terdapat juga 30 pemilih khusus (disabilitas) seperti tuna daksa, tuna netra, tuna rungu/wicara serta tuna grahita.

Proses  pemungutan ulang dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Warga sudah berdatangan untuk melakukan pencoblosan. Meski antri namun mereka tampak tenang dan tertib menunggu giliran untuk menggunakan hak suaranya masing-masing. Saat Walikota beserta rombongan tiba sekitar pukul 10.20 WIB, sudah 122  warga yang telah menggunakan hak pilihnya.

Kepada Walikota beserta rombongan, petugas KPPS melaporkan pelaksanaan pemungutan suara ulang berlangsung dengan aman dan lancar. Kemudian Walikota pun memberikan sejumlah arahan dan berpesan agar seluruh petugas PPKS untuk memberikan pelayanan kepada warga yang menggunakan hak pilih.

Setelah memastikan lancar dan tidak ada kendala, Walikota selanjutnya meneruskan peninjauan ke TPS 13  yang berjarak sekitar 3 km dari TPS 35. Di TPS 13, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 296 orang dengan perincian pemilih laki-laki sebanyak 139 orang dan pemilih perempuan sebanyak 157 serta 1 orang pemilih khusus. (as-01)

Related News

Lingkungan Keluarga, Berperan Besar Akhiri Pandemi Covid-19

Redaksi

Pemprovsu Sembelih 154 Ekor Lembu Kurban

Redaksi

Galakkan Daur Ulang Sampah

Redaksi