Walikota Medan Hadiri Peringatan HUT ke-74 TNI

34
Selain Walikota, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid, Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Djhon Amarul,  Danlanud Soewondo Kol Pnb Meka Yudhanto. (Foto. ASARPUA.com/hpm)

ASARPUA.com – Medan – Walikota Medan Dzulmi Eldin menghadiri Peringatan HUT TNI ke 74 Tahun 2019 di ex Bandara Polonia Medan, Sabtu (05/10/2019). Dalam upacara yang diikuti seluruh prajurit TNI dari satuan Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) ini, Pangdam I/BB Mayjen TNI M Sabrar Fadhillah bertindak sebagai inspektur upacara (Irup).

Selain Walikota, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid, Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Djhon Amarul,  Danlanud Soewondo Kol Pnb Meka Yudhanto serta sejumlah unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sumut dan Kota Medan turut hadir dalam upacara yang berlangsung penuh khidmat dan meriah tersebut.

Peringatan HUT TNI ke 74 yang mengusung tema “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat” ini lebih dahulu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Dilanjutkan dengan penyerahan tanda penghormatan Satya Lencana kepada sejumlah prajurit TNI yang telah mengabdi selama 24 dan 16 tahun kepada bangsa dan negara.

Pangdam I/BB dalam arahannya menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh prajurit TNI yang telah menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab dan rasa pengabdian yang tinggi demi ibu pertiwi. Pangdam berpesan, peringatan HUT ini menjadi momentum dan cambuk bagi seluruh prajurit untuk semakin meningkatkan profesionalitas dan soliditas dalam pengabdian tugas sebagai wujud rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tugas prajurit TNI sangat kompleks dan dinamis. Untuk itu, kesiapan harus terus dilatih dan ditamamkan dalam diri. Namun, hal itu harus diikuti dengan memperkokoh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Luaskan hati untuk senantiasa beribadah. Sebab, kekuatan doa menjadi pelindung utama ketika bertugas terlebih saat di medan perang,” kata Pangdam.

Selanjutnya, Pangdam mengingatkan prajurit TNI harus mampu bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam menjaga dan merawat keutuhan NKRI serta menjalankan kemanunggalan TNI bersama rakyat. “Rakyat adalah ibu kandung TNI yang harus dilindungi. Dengan begitu, TNI akan semakin dicintai dan dibanggakan seluruh masyarakat Indonesia. Jalankanlah tugas dengan penuh rasa ikhlas,” pesannya.

Walikota Medan menyampaikan ucapan selamat atas HUT TNI ke 74 tahun 2019 tersebut. Dikatakan Wali Kota, Indonesia patut berbangga karena memiliki prajurit-prajurit TNI yang tangguh dan profesional yang siap mengorbankan jiwa raganya bagi NKRI. Walikota berharap, TNI terus menjaga soliditas dan sinergitas menciptakan, menjaga dan merawat kekondusifan Indonesia termasuk Kota Medan.