asarpua.com

Walikota Medan Ajak Masyarakat Rutin Berolahraga

ASARPUA.COM – Medan – Walikota Medan Dzulmi Eldin mengajak masyarakat menjaga kesehatan dan stamina dengan berolah raga rutin serta memeriksa kesehatan (medical check-up).

Ajakan ini disampaikan Walikota  ketika menghadiri Car Free Day (CFD) sekaligus Peringatan Hari Hipertensi Dunia di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (22/07/2018).

Dengan rutin melakukan medical check-up, Walikota mengatakan, warga dapat mengendalikan hipertensi yang selama ini kerap disebut sebagai silent killer(sang pembunuh senyap).

Itu sebabnya jelas Walikota, Pemko Medan rutin mengajak seleuruh warga Kota Medan untuk mengikuti  CFD dan senam jantung sehat di Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi. Selain sebagai sosialisasi untuk mengajak masyarakayt mengurangi polusi udara, kegiatan itu juga dilakukan untuk memelihara kesehatan jantung  dan tubuh.

Acara juga dihadiri Wakil Walikota IAkhyar Nasution, Ketua YJI Pusat Prof Dr dr Budi Setiano Sp.Jp (K), pimpinan OPD, camat, lurah serta ribuan masyarakat. Aacar diawali dengan senam jantung sehat. Setelah itu dilanjutkan dengan peringatan Hari Hipertensi Dunia yang diisi dengan  pemeriksaan kesehatan gratis  dari sejumlah rumah sakit di Kota Medan.

Sementara itu Ketua YJI Pusat Prof Dr dr Budi Setiano Sp.Jp (K) juga mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa mengenali tekanan darahnya masing-masing. Dengan demikian masyarakat akan mengetahui apakah tekanan darahnya tinggi atau normal. “Kalau rendah (tekanan darah), kita tidak takut. Yang kita takutkan tekanan darahnya tinggi, makanya setelah mengetahui cepat konsultari dengan dokter baik di puskemas maupun rumah sakit,” ujar Budi.

Apabila tekanan darah terlalu tinggi tegas Budi, pembuluh darah otaknya bisa pecah yang biasanya disebut stroke dan rentan menyebabkan kematian. “Di samping itu jika pembuluh darahnya ada plak-plaknya, maka pembuluh darah akan tersumbat sehingga menyebabkan terjadinya serangan jantung,” ungkapnya. (as-01)

Related News

Walikota Buka UKM Expo Kota Medan 2019

Redaksi

Konjen Jepang Undang Walikota Medan Hadiri 60 Tahun Hubungan Indonesia – Jepang

Redaksi

Jaga Kerukunan Tanpa Pandang Perbedaan

Redaksi