asarpua.com

Wakil Walikota Pimpin Pembersihan Sungai Babura

ASARPUA.com – Medan – Wakil Walikota Medan  Akhyar Nasution memimpin pembersihan Sungai Babura, Rabu (24/04/2019) pagi. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk membersihkan sungai dari sampah maupun semak belukar. Di samping itu juga  pembersihan diikuti dengan pengerukan untuk mengatasi pendangkalan yang terjadi. Dengan pembersihan yang dilakukan tersebut, Sungai Babura diharapkan dapat mengalir dengan lancar kembali sehingga tidak meluap saat hujan deras seperti yang selama ini terjadi.

Selain petugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, pembersihan sungai juga melibatkan Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU), unsur dari tiga kecamatan yang dilintasi Sungai Babura yakni Kecamatan Medan Baru, Medan Polonia dan Medan Petisah serta  didukung penuh personel TNI.

Pembersihan yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dari penelurusan Sungai Babura yang dilakukan Wakil Wali Kota saat mendampingi Gubsu Edy Rahmayadi, Sabtu (20/04/2019) lalu. Dari penelurusan yang dilakukan, ada sejumlah titik di Sungai Babura yang harus dibersihkan. Selain  mengalami pendangkalan dan penyempitan yang cukup parah, bagian tengah sungai juga dipenuhi sampah.

Sebelum pembersihan dimulai, Wakil Walikota lebih dulu memimpin apel. Di hadapan seluruh peserta yang akan melakukan pembersihan, Wakil Walikota lebih dahulu menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Gubsu dan BWS Sumatera II  yang terus mendukung dan mendorong dilakukannya pembersihan Sungai Babura.

Apabila sungai-sungai yang ada tidak dinormalisasi, tegas Akhyar, drainase yang dibangun Pemko Medan tentunya tidak berfungsi dengan baik. Tak pelak kondisi itu akan menyebabkan terjadinya back water (air kembali) saat hujan deras karena sungai tidak dapat menampung air yang datang dari drainase sehingga akhirnya meluap dan menggenangi badan jalan maupun rumah warga sekitar.

Usai apel, Wakil Walikota selanjutnya menyerahkan komando pembersihan Sungai Babura kepada Kepala BWS Sumatera II Roy P Pardede. Pasalnya, pembersihan sungai merupakan tupoksi ataupun wewenang  BWS Sumatera II. Sedangkan seluruh jajaran Pemko Medan yang terkait beserta aparat TNI mendukung penuh dilakukannya pembersihan tersebut.

Pembersihan ini akan terus kita lakukan hingga pertemuan Sungai Babura dan Sungai Deli. Apapun yang menjadi kendala dalam pembersihan yang dilakukan akan kita hadapi bersama, sebab inti tujuan pembersihan yang kita lakukan ini untuk menyelamatkan warga dari banjir. Setelah Sungai Babura, rencananya Sungai Bedera akan menjadi objek pembersihan yang akan kita lakukan selanjutnya,” pungkas Wakil Walikota. (as-01)

Related News

Wakil Walikota Jamu Makan Malam Paskibra Kota Medan

Redaksi

Rektor Unimed Lantik Wakil Rektor, Dekan dan Ketua LPPMP 

Redaksi

40 Peserta Diklatpim III PNBP Kemendagri Studi Banding ke Pemko Medan

Redaksi