asarpua.com

Wabup Karo Hadiri Sosialisasi dan Advokasi Pendidikan 2024

Wakil Bupati (Wabub) Theopilus Ginting menghadiri Sosialisasi dan Advokasi Pendidikan Tahun 2024 di Jambur Milala Mas Kabanjahe, Senin (06/05/2024). (Foto. Asarpua.com/dikkar)

ASARPUA.com – Karo – Wakil Bupati (Wabub) Theopilus Ginting menghadiri Sosialisasi dan Advokasi Pendidikan Tahun 2024 di Jambur Milala Mas Kabanjahe, Senin (06/05/2024).

Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, mengangkat tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar.

Membacakan pidato bupati, Wabup menyampaikan bahwa di era digital, segenap tantangan dan masalah dalam semua aspek terutama pendidikan terus berdatangan. Memasuki era merdeka belajar, sistem pendidikan sedang mendapat penyegaran. Pelan-pelan arah pendidikan pun mulai berubah dan semakin dekat dengan tujuan dan cita cita utama bangsa. Para guru dan sekolah kian akrab dengan teknologi, bahkan fasilitas dan proses digitalisasi pendidikan mulai terpenuhi.

Berdasarkan UUD 1945, setiap anak berhak untuk mendapatkan kemerdekaan belajar, dan berhak atas kemudahan akses dalam belajar. Maka dibutuhkan kerjasama antara orang tua dan guru dengan para generasi muda yang akan menjadi pemimpin masa depan.

“Anak muda harus memimpin dirinya sendiri untuk terus maju, berinisiatif, menjadi penerobos, inovator dan kebermanfaatan terutama di bidang pendidikan. Para orang tua dan guru harus memberikan pendidikan dan pengarahan serta bimbingan untuk para generasi muda melalui sekolah dan pendidikan awal di rumah,” ujar Wabup.

“Dalam suasana Hari Pendidikan Nasional dan untuk seterusnya mari kita satukan niat, visi serta meninggikan rasa optimis dalam menebar manfaat untuk memajukan pendidikan di NKRI. Dengan kedisiplinan dan niat yang tulus, mudah mudahan cita-cita tersebut bisa dicapai sebagai mana Ki Hajar Dewantara pernah berkata, bahwa di mana ada kemerdekaan di situ harus ada disiplin bersifat self disiplin yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras kerasnya” dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi setiap stan pameran yang disiapkan oleh guru penggerak dan siswa sekolah per masing-masing kecamatan se-Kabupaten Karo. (Asarpua)

Reporter : Martin Tarigan

Related News

Diskominfo Asahan Sosialisasikan Internet Sehat kepada Pelajar SMP

KPUD Karo Sosialisasi Jadwal Pilkada Tahun 2020

Redaksi

Wabup Theopilus Ginting Hadiri Njujungi Beras Piher Calhaj Asal Karo

Redaktur: Martin Tarigan