Tinggal Dua Hari Lagi, Panitia Festival Bunga dan Buah Akui Persiapan Rampung 90 Persen

130
Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Ketua TP PKK Karo Sariaty Terkelin dan Wakil Bupati Cory S Sebayang meninjau persiapan panitia di Taman Mejuah-Juah Berastagi. Foto. (ASARPUA.com/ist)

ASARPUA.com – Tanah Karo – Sisa dua hari jelang pembukaan Festival Bunga dan Buah, panitia nyatakan persiapan sudah rampung 90 persen. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, bekerja keras memprsiapkan sejumlah sarana prasarana jelang pelaksanaan even wisata berskala nasional, Festival Bunga dan Buah akan dibuka Jumat (05/07/2019) hingga Minggu (07/07/2019) di Open Stage Taman Mejuah-Juah, Berastagi.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Ketua TP PKK Sariati Terkelin Brahmana, Sekdakab Karo Drs Kamperas Terkelin Purba, Kadis Pariwisata Ir Mulia Barus dan Asisten III Mulianta Tarigan, di Gedung Kesenian Kabupaten Karo, Kompleks Taman Mejuahjuah Berastagi, menggelar konfrensi pers Selasa, (02/07/2019).

Pemkab Karo mengungkapkan kalau Festival Bunga dan Buah Tahun 2019 sudah terdaftar di Calender of Event Kementerian Pariwisata RI.

Ketua Panitia Yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karo, Ir Mulia Barus, MSi didampingi Sekertaris Panitia, Bartholomeus Barus memaparkan program dan conten acara serta persiapan-persiapan Festival Bunga dan Buah Tahun 2019.

“Namun demikian, kami juga menyadari masih saja ada kekurangan panitia, walau kami telah berusaha semaksimal mungkin dan kami selalu welcome terhadap, ide dan gagasan maupun kritikan yang sifatnya membangun untuk kebaikan pelaksanaan penyelenggaraan tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Menyahuti penjelasan panitia, sejumlah jurnalis menyampaikan beragam gagasan dan kritikan termasuk sorotan jelang Festival Bunga dan Buah tahun 2019. Diantaranya, menyangkut inovasi dan kreativitas panitia, persiapan membuat kantong-kantong parkir kenderaan wisatawan yang datang dari luar kota maupun wisatawan lokal, diperkirakan mencapai puluhan ribu pengunjung.

Begitu juga masalah kebersihan jalan dan taman disekitar lokasi acara. Termasuk soal keamanan dan pengaturan dan rekayasa arus lalulintas untuk mengatisipasi kemacetan lalulintas. Juga penerangan listrik dan jalan-jalan alternatif harus diperhatikan secara khusus.

Menyahuti pertanyaan wartawan, Bupati Karo, Terkelin Brahmana menekankan, masukan-masukan maupun gagasan dan kritikan dari wartawan, agar menjadi perhatian serius dari Dinas Priwisata dan panitia, maupun dinas terkait lainnya. Dengan harapan agar penyelenggaraan even wisata ini, kedepannya dapat terselenggara lebih baik lagi.

“Harapan saya, untuk memajukan pembangunan daerah kita, terkhusus pariwisata, hendaknya dinas-dinas lain bersinergi dan berkolaborasi untuk pembangunan Karo, khususnya dibidangnya masing-masing,” ujarnya.

Adapun jenis perlombaan yang dipertandingkan di even Festival Bunga dan Buah itu, yakni, Lomba lukis objek wisata, lomba menghias bunga, lomba pakaian pengantin Karo, lomba video on the spot momen kegiatan, lomba hias kuda tunggang, lomba pawai kontingen, lomba mobil hias, lomba merangkai bunga, lomba tari tradisionil Karo, Lomba mengukir buah sayur, lomba Chef Hotel Resto dan Lomba making Bed Hotel. Beberapa konsep baru yang ditampilkan yakni, pengadaan Kampung Kopi, Kampung Bunga, Camping Ground, serta Fun Gowes.

Untuk memeriahkan Festival Bunga dan Buah, panitia telah mempersiapkan hiburan dengan menampilkan sederet artis penyanyi papan atas Karo, belasan group band, pemain violis terkenal Romelo Armando Purba dan artis ibukota Logonta Tarigan.

Kehadiran Logonta Tarigan yang sukses meraih juara dua Rising Star di acara itu adalah untuk menyampaikan termakasihnya kepada masyarakat Karo, yang telah memberikan dukungannya dalam mengikuti ajang lomba nyanyi versi RCTI itu.

Ditambahkan Ir Mulia Barus, MSi didampingi Sekertaris Panitia, Bartholomeus Barus, kemungkinan Festival Bunga dan Buah tahun 2019 akan dibuka Menteri Pariwisata. Surat sudah disampaikan ke Kemenpar di Jakarta. Termasuk kepada Gubsu Eddy Rahmayadi. Peserta juga ada dari beberapa daerah di luar Karo.

Persiapan panitia sudah 90 persen, waktu yang masih tersisa beberapa hari lagi akan segera kita rampungkan, ujarnya. (as-joh)