Tim Gabungan Temukan Nelayan yang Hanyut di Tello

72
Tim gabungan saat melakukan proses evakuasi mayat korban hanyut. (Foto. ASARPUA.com/halawa)

ASARPUA.com– Nias Selatan – Sinduhu Dachi alias Ama  Yosi , (60) warga Desa Bawoomasio Kecamatan Pulau-Pulau Batu, Pulau Tello Nias Selatan (Nisel), nelayan yang hanyut sejak Rabu (02/01/2019) saat pergi melaut, akhirnya ditemukan di Pantai Sogawu Kecamatan Tanah Masa dalam keadaan tidak bernyawa pada Jumat (04/01/2019).

Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta saat dikonfirmasi melalui Kapolsek PP Batu Ipda Pol Dian P Simangunsong, Jumat, (04/01/2019) membenarkan telah ditemukannya korban yang hanyut itu.

Ia menerangkan, awalnya sekitar Pukul 13.20 WIB, tim gabungan terdiri dari personil Polsek PP Batu, Anggota Koramil 13 Pulau Tello, personil Pos Angkatan Laut Tello dan Personil Satpolair Polres Nisel, menerima informasi bahwa keluarga korban mendapat kabar lewat telepon seluler dari Sekdes Hiligeho Sogawu Kecamatan Tanah Masa Fanaha Laowo yang menyebutkan bahwa ada sesosok mayat mengapung dengan ciri-ciri berbaju kaos dan mungkin bercelana hitam.

Dari informasi tersebut, lanjutnya, Tim Gabungan kemudian melakukan konsolidasi di Tangkahan Dinas Perikanan untuk menuju lokasi ditemukannya korban.

“Lalu, pada pukul 14.00 WIB, Tim Gabungan bergerak menuju lokasi dengan menggunakan 1 unit Speed Boat TNI-AL dan 1 unit Speed Boat milik Satpolair Polres Nisel. Setelah itu, sekitar pukul 14.40 WIB, Tim Gabungan tiba di lokasi ditemukannya Korban dan selanjutnya mayat Korban langsung dievakuasi dengan menggunakan perahu nelayan dibantu dengan Speed Boat TNI-AL menuju Desa Bawo Omasio Kecamatan Pulau-Pula Batu,”jelasnya. Sekitar pukul 16.00 WIB, mayat korban dan Tim Gabungan tiba di Desa Bawo Omasio.

“Atas permintaan keluarga Korban disaksikan oleh Sekdes Bawo Omasio dan Camat Pulau-Pulau Batu, keluarga korban menyatakan telah menerima kematian korban dan menganggap kematian korban itu wajar karena musibah serta mengikhlaskan kepergian korban sekaligus kelurga korban juga bersedia membuat surat pernyataan,”tutur Dian.

Jenazah Korban kemudian dibawa oleh pihak keluarga bersama warga Desa Bawo Omasio menuju rumah duka untuk disemayamkan.

“Saat ini sedang dilakukan prosesi persemayaman di rumah duka yang dihadiri oleh Camat PulauPulau Batu Tukairi Bawaulu, Danramil 13 Pulau Tello Lettu Inf. P Sitorus, Kapolsek Pulau-Pulau Batu Ipda Dian P Simangunsong, SH, Danposal Pulau Tello Serka Dawam, mewakili Kasat Polairud Brigadir Anton dan Brigadir Triya.

Sebelumnya, pada pukul 08.00 WIB Tim Gabungan terdiri dari Koramil 13 Pulau Tello, Polsek Pulau-Pulau Batu, Posal Pulau Tello dan Satpolair Polres Nisel telah berupaya melakukan pencarian Korban di wilayah perairan Pulau Tello. Namun, pada pukul 11.30 WIB upaya pencarian dihentikan sementara karena sebagian Tim mau melaksanakan ibadah sholat Jumat. Tak hanya itu, sejak Kamis , (03/01/2019) Tim gabungan juga  telah melakukan pencarian terhadap korban. (as-hal).