Shalat Idul Adha 1441 H di Sergai Khidmat

200
Bupati Sergai Ir H Soekirman meninjau pelaksanaan qurban di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan dan Masjid Nurul Istiqomah Dusun II Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan Bandar Khalifah didampingi Ketua BKM Bapak Mukhlis dan Pdt. R. Simanjuntak, S.Th. (Foto. ASARPUA.com/kompeser)

ASARPUA.com – Sei Rampah –  Ratusan masyarakat berbondong-bondong memadati halaman Masjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang terletak persis di depan gerbang tol Teluk Mengkudu, untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 10 Dzulhijah 1441 Hijriah, Jumat (31/07/2020) pagi.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha berjalan dengan khidmat dan dihadiri oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman, Dandim 0204/DS Letkol Inf Syamsul Arifin, Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua MUI, FKUB, Ketua PWI Sergai, Khatib H. Zainuddin Martapura, Imam Sholat Idul Adha Faisal, S.PdI, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta ratusan masyarakat yang melaksanakan sholat Idul Adha.

Dalam khutbahnya berjudul “Hikmah Aidil Adha” H. Zainuddin Martapura menyampaikan ajakan untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan rajin mengerjakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya.
Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Hajj:37) “Allah tidak akan menerima daging-daging yang menjadi kurban dan tidak pula darahnya, kecuali Allah SWT akan menerima ketaqwaan dari mereka” memberikan pengertian bahwa kurban yang kita potong itu daging dan darahnya tidak diterima Allah, tetapi ketaatan kita yang ikhlas dan pengabdian kita yang akan diterima oleh Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda, katanya.

Bupati Sergai Ir H Soekirman usai pelaksanaan shalat Idul Adha di Komplek Masjid Agung mengucap rasa kesyukuran atas nikmat kesehatan dan berkah dari Allah SWT sehingga hari ini dapat melaksanakan Sholat Idul Adha bersama-sama dengan masyarakat.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah beserta Forkopimda menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh masyarakat. Hari ini telah menjadi sejarah untuk pertama kalinya Masjid Agung Sergai ini dengan khidmat menggelar Sholat Idul Adha, di tengah sejarah juga bagi seluruh umat manusia di seluruh dunia dengan adanya pandemi Covid-19 melaksanakan sholat Idul Adha, namun tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga  Bupati Sergai Terima Bantuan IPLT dan Uji Komisioning

Mengakhiri sambutannya, Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol Kesehatan Covid-19 karena sampai saat ini pandemi Covid-19 masih terus meningkat. Mari kita doakan bersama semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kehidupan dapat berjalan normal kembali, ajak Bupati saat mengakhiri sambutannya.

Usai pelaksanaan sholat Idul Adha, Bupati Sergai Ir H Soekirman meninjau pelaksanaan kurban di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan dan Masjid Nurul Istiqomah Dusun II Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan Bandar Khalifah didampingi Ketua BKM Bapak Mukhlis dan Pdt. R. Simanjuntak, S.Th.

Saat meninjau di Desa Gelam Sei Serimah, sebagai wujud toleransi antar umat beragama masyarakat setempat, dalam kesempatan tersebut Bupati menginfaqkan sebahagian rezeki guna membantu penyelesaian pembangunan Masjid Nurul Istiqomah Desa Gelam Sei Serimah.

Wabup Sergai Serahkan Kurban 16 Ekor Sapi

Dihari yang sama, bertempat di Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul, Wabup Sergai H Darma Wijaya memberikan hewan kurban sebanyak 16 ekor Sapi kepada masyarakat Sergai. Sebelumnya Wabup juga telah memastikan kondisi sapi miliknya telah memenuhi syarat kurban. (asarpua)