asarpua.com

Setelah Diberitakan, Dana BOS di Nisel Akhirnya Cair Juga

ASARPUA.COM РNias Selatan РSetelah diberitakan,  karena tak kunjung cair, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) khusus Triwulan I (TW I) tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Nisel, akhirnya dicairkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan.

Sejumlah Kepala Sekolah (Kasek) yang namanya diminta tidak ditulis kepada Wartawan, Rabu, (01/08/2018) mengakui jika dana BOS Triwulan I sudah bisa ditarik dari rekening sekolah.

“Sudah ada pemberitahuan dari Dinas Pendidikan KabupatenNias Selatan (Nisel) kalau dana BOS Triwulan I bisa dicairkan. kami mengakui sedikit lega karena bisa mencicil untuk membayarkan honor Guru Tidak Tetap (GTT) dan utang /bon kepihak lain yang berrhubungan dengan utang biaya operasional sekolah,”pungkas mereka.

Seperti dibertitakan sebelumnya, dana BOS Triwulan I, II bahkan memasuki Triwulan III tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Nisel sampai akhir Juli kemarin tak kunjung cair.

Kadis Pendidikan Nisel, Nurhayati Telaumbanua saat dikonfirmasi terkait hal itu sebelumnya beralasan belum cairnya dana BOS itu lantaran anggaran dana BOS tahun ini harus masuk ke struktur APBD. Pihaknya tidak berani mencairkan anggaran tersebut sebelum ada pengesahan dari pihak DPRD Nisel dan Propinsi. ¬†“Sebab, bisa jadi masalah nantinya,” kata Nurhayati ketika itu.

Sementara, Kadisdik Nisel Nurhayati Telaumbanua saat dihubungi melalui selulernya, Rabu, (01/08/2018) terkait informasi kalau sudah ada pencairan dana BOS, membenarkan informasi tersebut

” Ya benar kalau dana BOS Triwulan I sudah bisa dicairkan, kalau tidak salah mulai 2 hari kemarin sudah bisa ditarik,”pungkasnya.

Masih kata dia, untuk penarikan Triwulan II menunggu selesainya pertanggungjawaban penggunaan dana Triwulan I oleh masing-masing sekolah.

Terpisah, Ketua DPRD Nisel, Sidi Adil Harita saat dihubungi lewat sambungan telepon, pada hari yang sama terkait belum adanya pencairan dana BOS hingga alhir bulan Juli karena belum ada pengesahan dari DPRD Nisel. Alasannya karena sampai saat ini belum ada surat resmi dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan tentang pembahasan dana BOS ke DPRD.(as-hal)

Related News

Kapolres Nisel Sertijabkan Kapolsek Pulau-pulau Batu

Redaksi

Danlanal Nias Jadi Irup Penutupan SBJ Tahun 2019

Redaksi

CPNS Bidan PTT Pusat di Nisel Belum Terima SK

Redaksi