asarpua.com

Sempat Dikabarkan Hilang, 19 Awak KM Formosa Selamat

ASARPUA.com – Nias Selatan –  Sempat dikabarkan hilang, 19  orang awak kapal KM Formosa – 12 GT. 29 No.1734/SSD yang tenggelam pada Selasa, (5/3/2019) sekitar pukul  5.30 WIB di perairan Pulau Pini Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan tepatnya di wilayah Desa Lambak Tengah dengan posisi koordinat : 18 27 akhirnya ditemukan selamat pada hari itu.

Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta SIK dalam keterangannya melalui Kapolsek PP Batu Ipda Pol Dian P Simangunsong, SH lewat pesan Whatsapp, Rabu, (06/03/2019) menjelaskan, pada hari Selasa tanggal 05 Maret 2019 sekitar pukul 17.30 WIB pihak Satpolair dan Posmat TNI-AL  memperoleh informasi bahwa Nahkoda dan Anak Buah Kapal KM. Formosa – 12 GT.29 No.1734/SSD yang berjumlah 19 orang telah ditemukan hidup dan selamat oleh warga nelayan di Desa Pelabuhan Rima Kecamatan Pulau-Pulau Batu Timur Kabupaten Nias Selatan yang berjarak lebih kurang 15 Mil dari Pulau Tello.

“Oleh karena cuaca saat itu tidak memungkinkan untuk mengevakuasi korban dari Lokasi ke Pulau Tello, selanjutnya, Personil Gabungan dari Polsek PP Batu, Posmat TNI-AL Pulau Tello, Satpolair dan Koramil 13/Pulau Tello memutuskan untuk menunggu hingga cuaca membaik. Lalu, pada Rabu tanggal 06 Maret 2019,  sekitar pukul 14.00 WIB Tim Gabungan dipimpin Kapolsek Ipda DP. Simangunsong, bersama Komandan Posmat TNI- AL Serka Dawam bergerak untuk menjemput korban ke wilayah perairan sekitar Pulau Memong yang telah diangkut lebih dulu dengan menggunakan Kapal Bagan KM. Flores GT. 29 No.1636/SSD hingga tiba dan bersandar di Pelabuhan Pulau Tello,”paparnya.

Usai tiba di Pelabuhan Tello, lanjut dia, ke-19 awak kapal tersebut kemudian dievakuasi ke Polsek Pulau-Pulau Batu untuk didata sekaligus diambil keterangan mereka.

“Saat sudah berada di Mapolsek Tello, oleh Tim Gabungan kemudian turut memberikan  minuman air mineral, Kopi dan makanan ringan sebagai wujud rasa kemanusiaan,”pungkasnya.

Ia menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, selanjutnya mereka akan dievakuasi ke Sibolga pada Kamis tanggal 07 Maret 2019, dengan menggunakan kapal Basarnas Padang. “Kapal itu saat ini sudah stanby di Pulau Tello,”imbuhnya. (as-hal)

Related News

Zaman K Mendrofa: Sail Nias 2019 Diharapkan Percepat Pembangunan Pariwisata Nias

Redaksi

Bukti Kecurangan Pemilu di Nisel Ditemukan C1 Abal -abal

Redaksi

Jelang Sail Nias 2019, Forkopimda Nisel Tinjau Bandara Silambo

Redaksi