asarpua.com

Seluruh Daerah di Sumut akan Optimalkan Sistem e-Government

ASARPUA.com – Binjai – Seluruh daerah kabupaten/kota diharapkan dapat menerapkan sekaligus mengoptimalkan sistem digital dalam pengelolaan pemerintahan, mulai dari administrasi hingga pelayanan publik. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah saat kunjungan kerja ke Pemko Binjai, melihat penerapan sistem e-Government, Senin (14/01/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Wagubsu melihat secara langsung bagaimana sistem e-Government di Kota Binjai berjalan. Sebagaimana diketahui, kota ini juga disebut telah menjadi Smart City (Kota Cerdas) dengan optimaliasi sistem digital dalam pengelolaan pemerintahan, termasuk pelayanan masyarakat. Sehingga hal ini dianggap patut dicontoh oleh kabupaten/kota lain di Sumut.

“Ini luar biasa, karena saya tidak menyangka sampai sedetail dan serinci ini, apa yang sudah dibangun dan dibuat oleh Pemko Binjai untuk menjadi smart city. Mudah-mudahan ini menjadi (pemicu) semangat bagi kabupaten/kota lain yang ada di Sumut,” ujar Wagubsu.

Selain itu, lanjut Wagubsu, Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) sendiri sudah membangun dan menerapkan sistem e-Government. Meskipun belum utuh dan menyeluruh, namun dengan target penyempurnaan dan optimalisasi, tahun ini diyakini hal ini akan bisa dicapai semaksimal mungkin. Sebab tidak hanya antar instansi di tingkat provinsi saja, namun bisa terhubung dengan kabupaten/kota, seperti pelayanan masyarakat.

“Manfaatnya harus dirasakan semua kabupaten/kota, karena seluruh masyarakat yang ada itu bagian dari Sumut, tanpa dibeda-bedakan. Jadi yang kita harapkan adalah, semua harus menuju e-Government,” sebut Wagubsu Musa Rajekshah.

Sementara Walikota Binjai HM Idaham juga menjelaskan bahwa transparansi dan peningkatan pelayanan merupakan kebutuhan saat ini melalui penerapan sistem e-Government. Sehingga pihaknya bersedia dan terbuka dalam berbagi informasi seputar Binjai Smart City kepada kabupaten/kota di Sumut.(as-01)

Related News

Wagubsu Sarankan Buka Pintu untuk Investor

Redaksi

Mencoblos di TPS 006 Cemara Asri, Wagubsu: Hari Ini Kita Tentukan Pemimpin Bangsa

Redaksi

Jelang Ramadan, Wagub Ziarah ke Makam Kakek

Redaksi