asarpua.com

Potensi Kelautan Sumut Harus Dikelola dengan Baik

ASARPUA.com – Langkat – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki potensi kelautan yang sangat besar. Potensi itu harus dikelola dengan baik dan maksimal. Pantai Timur dan Barat sangat berpotensi memberikan hasil yang akan memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat di daerah ini.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan hal itu usai menjadi inspektur upacara Hari Nusantara ke-19 tingkat Provinsi di Dermaga Pertamina Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Jumat (28/12/2018).

Hari Nusantara, kata Gubsu, merupakan lambang kesejahteraan rakyat Indonesia, khususnya Sumut. Oleh sebab itu, menurutnya Hari Nusantara sangat penting bagi rakyat Indonesia. “Hari Nusantara juga merupakan perwujudan bangsa yang ada di Barat Indonesia, khususnya Sumut, saya mau ini jadi hari besar kita,” ujar Gubsu

Tidak hanya lambang kesejahteraan, melainkan juga lambang kedaulatan bangsa Indonesia. “Itulah dasar awal pada tahun 1957 dideklarasikannya Hari Nusantara ini, tidak mudah perjuangan pendahulu kita, inilah bangsa Indonesia,” katanya.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, selaku Ketua Panitia Hari Nusantara Nasional 2018 dalam sambutannya yang dibacakan oleh Gubsu menyebut beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai upaya pembangunan kelautan Indonesia. Di antaranya, diperlukan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas kebijakan baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan sektor swasta.

“Bila selama ini kita telah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudra, dan memunggungi selat dan teluk, kini saatnya bagi kita mengembalikan semuanya, sehingga semboyan Jalesveva Jayamahe, di laut kita jaya, sebagai semboyan kita di masa lalu bisa kembali,” katanya. (as-01)

Related News

Gubsu Ajak Kembalikan Kejayaan Sumut

Redaksi

Gubsu: Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Redaksi

Gubsu Minta Benahi Organisasi Gerakan Pramuka

Redaksi