Polsek Patumbak Ringkus Pelaku Curanmor dan Penadah

67
Pelaku curanmor dan dua penadah serta berang bukti diamankan di Polsek patumbak. (Foto. ASARPUA.com/sembiring)

ASARPUA.com – Medan – Kapolsek Patumbak, Kompol Arfin Fachreza, Senin (22/06/2020), mengatakan peristiwa pencurian itu terjadi pada Minggu (14/6/2020) sekitar pukul 07.30 WIB. Lalu Team Khusus Anti Bandut (Tekan) Polsek Patumbak berhasil mengamankan 3 orang terduga pelaku pencurian sepeda motor dan terduga penadah, Rabu (17/06/2020).

Selain mengamankan pelaku polisi juga turut mengamankan barang bukti berupa 1 unit Hp merek Samsung, 2 kunci leter “T”, 1 buah topi warna hitam dan 1 buah baju kaos lengan panjang.

Ketiga orang terduga pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) dan terduga penadah yang diamankan tersebut yakni FI (41) warga Jalan Garu- II Komplek Rafela, Harjosari-II, Medan Amplas, IN (42) merupakan seorang penadah, warga Jalan Satria Aksar Medan dan J (38) merupakan seorang penadah, warga Jalan Pasar-VII Tengah, Tembung, sementara seorang pelaku bernama AJI belum berhasil di tangkap (DPO).

Malam itu korban Romi Marlisa (37) warga Jalan Garu-II A No. 57 Kelurahan  Harjosari-II, Kecamatan  Medan Amplas, sedang berada di warungnya dengan mengendarai sepeda motor Honda Vario dan pelaku FI datang dengan berpura-pura membeli rokok di warung korban, usai menguasai sepeda motor korban kemudian pelaku langsung membawa kabur sepeda motor korban yang saat itu kunci kontak sepeda motornya lengket di kunci kontak.

Kompol Arfin Fachreza, menjelaskan setelah sepeda motor berhasil diambil pelaku langsung menemui IN. Berdasarkan laporan korban ke Polsek Patumbak dgn Laporan Polisi No: LP / 376/ VI/2020/SU/Polrestabes/Sek Patumbak, 14 Juni 2020, dari hasil penyelidikan di ketahui pelaku pencurian sepada motor korban FI sedang berada di Jalan Garu-II, Medan Amplas, pada Rabu (16/06/2020) sekitar pukul 16.00 WIB.

Begitu mendapat keberadaan pelaku, petugas langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku FI yang di pimpin langsung oleh Kanit Reskrim Polsek Patumbak, Iptu Philip Purba didampingi Panit I Ipda Yusuf Dabutar dan berhasil meringkus pelaku Feri Irawan.

“Usai membawa kabur sepeda motor korban, pelaku FI langsung menemui pelaku IN alias Bemu di rumahnya di Jalan Satria Aksara Medan dengan meksud untuk menjual sepeda motor korban,” kata Kapolsek Patumbak, Senin (22/06/2020) kepada wartawan.

Selanjutnya, setelah bertemu, kemudian pelaku IN mengajak pelaku FI untuk menemui pelaku Julianto di rumahnya di Jalan Pasar-VII Tengah Tembung hendak menjual sepeda motor korban. Setelah bertemu kemudian pelaku Julianto, menyuruh untuk menjualkan sepeda motor korban kepada pelaku AJI warga Jalan Wijaya Kusuma Tembung Percut Seituan seharga Rp3.100.000.

“Dari hasil penjualan sepeda motor korban pelaku Feri Irawan membeli 1 unit Hp merek Samsung seharga Rp.400.000, kemudian sebagai imbalan membantu menjualkan sepeda motor korban, Irwansyah Nasution diberikan uang Rp.250.000, sementara pelaku Julianto diberikan jatah Rp.200.000 dan sisanya di pergunakan oleh pelaku Feri Irawan untuk keperluan sehari hari serta membeli narkoba,” ungkap Kompol Arfin Fachreza.

Untuk pelaku  AJI belum berhasil di tangkap dan masih dalam pengejaran (DPO), kemujian ketiga pelaku berikut barang bukti di amankan ke Polsek Patumbak untuk dilakukan proses lebih lanjut.

“Pelaku Feri Irawan merupakan residivis dengan kasus perampokan dan ditahan di Rutan labuhan Ruku dan pelaku Irwansyah Nasution merupakan residivis dengan kasus pencurian dan ditahan di Rutan Tanjung gusta Medan. Imbasnya, para pelaku deisangkakakn dengan Pasal 363 KUHPidana dan Pasal 480 KUH-Pidana,” tandasnya. (asarpua)

Penulis: Serasi Sembiring