asarpua.com

PT LAP Terus Disoal, Dua LSM Minta Pemkab Tinjau Limbah

ASARPUA.com – STM Hilir – Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT LAB yang mengusik kenyamanan warga, terus disoal. Tak hanya warga kini dua LSM ikut mendukung, yaitu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Indonesia Bersih (GRIB) Romi Makmur Rangkuti dan  Sekretaris Forum Masyarakat Peduli Lingkungan Evridinando Ginting SE. Keduanya mendesak Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Deli Serdang. Desakan itu dimaksudkan untuk memeriksa ulang analisis dampak lingkungan (Amdal) PKS PT LAB milik pengusaha Agus Leowardy Dusun I Desa Negara Beringin Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang.

PKS PT LAB memanfaatkan aliran sugai Belumai yang biasanya digunakan masyarakat untuk kepentingan sehari-harinya belakangan ini masyarakat yang mengunakan air sungai itu mulai tercemar. Apa lagi pihak PT LAB menyedot air sungai itu yang di perkirakan daya tampung sekitar 30.000 m3, sebelum digunakan proses water treatment dengan penambahan koagulan bahan kimia.

Artikata, air merupakan sumber daya alam yang dibutuhkan untuk memenuhi hajat hidup orang banyak, sehingga perlu dijaga kualitas dan kuantitasnya agar tetap bermanfaat bagi hidup dan kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Banyaknya kebutuhan air baik untuk keperluan rumah tangga, pertanian, perkebunan, transportasi, rekreasi maupun industri sehingga perlu dilakukan pengendalian untuk
penggunaanya kata mereka kepada asarpua.com, Jumat (08/06/2018).

Dijelaskan Romi berdasarkan adanya ketentuan perudangan-undangan Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air dan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di wajibkan seluruh perusahan yang mengunakan air diharuskan mengurus izin dan membayar ditrisbusinya ke Pemkab setempat. Kalau memang perusahan PT LAB belum mengantongi izin pemanfaatan air ini dapat dikatakan pengelapan pajak, ujarnya.(as-jombo)

Related News

Poldasu Musnahkan Gubuk Narkoba dan Judi di Kutalimbaru

Redaksi

Kadus Talapeta Terima Penghargaan dari Bupati Deli Serdang

Redaksi

Dua Hari Pencarian, Korban Hanyut di Perumahan Deli Kencana Akhirnya Ditemukan

Redaksi