asarpua.com

Pj Gubsu Eko Subowo Puji Keunikan Wisata Bawomataluo Nisel

ASARPUA.com – Medan – Pejabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA memuji keindahan dan kekayaan Nias di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) saat berkunjung ke Desa wisata Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Jumat (24/8). Selain cagar budaya, juga disebutkan bahwa lompat batu bisa jadi cikal bakal target emas di event olahraga PON.

“Ternyata rumah adat di Nias Selatan ini merupakan cagar budaya dan nanti akan kita sampaikan ke Pemerintah pusat, Kementerian Pariwisata. Karena seperti kita saksikan, ini budaya luar biasa yang tidak ada duanya, sangat unik. Dan ini warisan budaya yang sudah sangat tua,” ujar Pj Gubsu saat meninjau desa dan rumah adat di Bawomataluo.

Hadir diantaranya, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Bupati Nisel Hilarius Duha, pimpinan OPD dan Forkopimda Nisel. Sementara turut mendampingi Pj Gubsu, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Pemprovsu Abdul Haris Lubis, Kabag Humas Setdaprovsu Indah DK dan sejumlah pejabat.

“Termasuk atraksi lompat batu atau ombo batu juga luar biasa. Dikombinasikan antara potensi alam yang budaya yang kuat, ini menjadi potensi wisata dan bisa kita kembangkan ke depan. Mudah-mudahan Nias Selatan sebagai destinasi wisata akan semakin berkembang dan maju, membawa kesejahteraan bagi masyarakat setempat khususnya, Sumut dan Indonesia pada umumnya,” jelas Eko.

Sementara untuk potensi wisata tersebut, Pj Gubsu mengatakan bahwa faktor pendukungnya seperti infrastruktur konektivitas sangat diperlukan dan perlu ditingkatkan serta dikembangkan. Sebab betapapun indahnya potensi alam, jika sulit dijangkau maka akan sulit berkembang.

“Kemudian potensi budaya dan keindahan alam yang tentunya sudah ada. Keramahtamahan masyarakat, kuliner yang harus enak, tidur nyenyak, nyaman dan sebagainya. Plus souveir kecil, home industri yang sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat dan bisa jadi kenang-kenangan wisatawan,” sebut Eko Subowo.(as-01/hal)

Related News

Launching NSI Investment Challenge 2024, Diharap Dorong Akselerasi Realisasi Investasi di Sumut

Redaksi

Pj Gubsu Lantik Tiga Pj Kepala Daerah di Sumut

Redaktur: Martin Tarigan

Pj Gubsu Harap Penataan Sawit di Sumut Semakin Baik