asarpua.com

Penuhi Kebutuhan Masyarakat saat Lebaran, BI Sumut Siapkan Rp7,2 Triliun

Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI) Sumatra Utara (Sumut) menyiapkan sekitar Rp7,2 triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada momen ramadhan dan lebaran (idul fitri) 2024. (Foto. Asarpua.com/handover)

ASARPUA.com – Medan – Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI) Sumatra Utara (Sumut) menyiapkan sekitar Rp7,2 triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada momen ramadhan dan lebaran (idul fitri) 2024.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Suharman Tabrani mengatakan persiapan dilakukan lantaran secara historis kebutuhan masyarakat akan uang kartal meningkat saat ramadan dan menyambut idul fitri 1445H.

Sebagaimana analisa Kpw BI Sumut, estimasi uang kartal yang dibutuhkan perbankan untuk melayani masyarakat periode ramadan dan idul fitri 2024 ialah Rp4,4 triliun.

“Menurut perkiraan kami, kebutuhan uang rupiah untuk ramadan dan idul fitri tahun ini sekitar Rp4,4 triliun. Namun, kami tahun ini menyiapkan kurang lebih Rp7,2 triliun melalui perbankan khusus untuk wilayah kerja BI Sumut,” kata Suharman di Medan, Rabu (20/3/2024).

Suharman mengatakan, ada peningkatan estimasi kebutuhan akan uang tunai saat ramadan dan idul fitri 2024 yang didasarkan pada aktivitas masyarakat melalui perbankan. Dari catatan KPw BI Sumut tahun 2023 lalu, nominal uang kartal yang disiapkan sebesar Rp4,2 triliun. Namun, nominal tahun 2024 tercatat lebih rendah dari tahun 2022 di mana KPw BI Sumut menyiapkan Rp4,7 triliun.

“Memang ada peningkatan [estimasi] kebutuhan sebesar 5,81% dibanding tahun 2023. Mudah-mudahan ini menunjukkan gairah dari sisi demand, mudah-mudahan juga menunjukkan dari sisi daya beli dan keinginan untuk mengonsumsi (berbelanja) sehingga dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dapat dirasakan,” kata Suharman.

Ia mengatakan, per 18 Maret 2024, jumlah uang yang disalurkan KPw BI Sumut melalui perbankan sebesar Rp1,2 triliun. Jadwal layanan penukaran uang akan ini akan dimulai pada 25 Maret-5 April 2024 di Plaza Medan Fair mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Selain itu, layanan juga akan hadir di beberapa tempat seperti Pusat Pasar Medan pada 27 Maret, dan di Pasar Sukaramai pada 28 Maret, masing-masing mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

“Kami juga menyediakan kas keliling untuk melayani kebutuhan masyarakat khususnya yang melewati Tol Tebing Tinggi. Kami akan hadir di Rest Area Tol Tebing Tinggi mulai 2-4 April 2024,” jelasnya.

Adapun terkait batas maksimal nominal rupiah yang bisa ditukar masyarakat melalui layanan kas keliling adalah Rp4 juta per hari. Masyarakat yang ingin menukar uang untuk kebutuhan ramadan dan idul fitri ini juga terlebih dahulu harus melakukan pemesanan pada laman www.pintar.bi.go.id. (Asarpua)

Penulis : Serasi Sembiring

Related News

Sambut Idul Fitri, BI Siapkan Kebutuhan Uang Kartal Rp217,1 T

Redaksi

BI dan BPODT Kerjasama Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba

Redaksi

Wakil Ketua TP PKK Sumut Perkuat Sinergi dengan PIPEBI

Redaksi