asarpua.com

Pemkab Pakpak Bharat Beri Susu Ibu Hamil dan Menyusui

ASARPUA.COM – Pakpak Bharat – Bantuan pemberian susu tersebut merupakan terobosan baru,pada tahun 2018 dan program tersebut khusus ditujukan bagi ibu hamil dan menyusui dimulai dari seorang Ibu dinyatakan hamil sampai anak berumur 24 bulan.

Program yang di laksanakan tersebut bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Pakpak Bharat ke XV yang jatuh pada tanggal 28 Juli 2018 bertujuan untuk mendukung gerakan seribu Hari pertama kehidupan menuju generasi emas Kabupaten Pakpak Bharat.

Program yang digagas oleh Bupati Remigo Yolando Berutu, MBA ini untuk mendukung salah satu program dari pemerintah Pusat yaitu menuntaskan Stunting, dimana Bupati membuat suatu kebijakan untuk mengharuskan Ibu  yang sudah dinyatakan Positif Hamil segera di pandu oleh tenaga kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan (Ante Natal Care) dan mendapatkan penyuluhan kesehatan selama kehamilan dan diberi susu Ibu Hamil hingga si Ibu bersalin.

Seribu hari pertama kehidupan merupakan masa pertumbuhan anak dimulai dari kehidupan janin selama 9 bulan di kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Kegiatan ini di lounching oleh Bupati Pakpak Bharat pada hari jadi Kabupaten ke 15 yang secara simbolis dilakukan pemberian susu kepada Ibu Hamil dan Ibu Menyususi yang diserahkan oleh Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pakpak Bharat Ibu Made Tirta Dewi.

Untuk periode umur bayi 0 – 6 bulan ( 180 hari ) semua anak mendapatkan Inisisasi Menyusui Dini ( IMD ) dan pemberian ASI Eksklusif sampai anak berumur 6 Bulan tanpa memberian makanan apapun. Untuk periode 6 – 24 Bulan (540 hari) umur anak si Ibu Menyususi akan mendapatkan susu sebanyak 2 kotak setiap bulan atau setiap posyandu pada saat si anak di bawa ke Posyandu.*

Penulis: Sampang Manik

Related News

Kadis Pemdes Pakpak Bharat Ditahan Polisi Terkait Dugaan Korupsi

Redaksi

Kecamatan Salak Pakpak Bharat Selesaikan Musdes RKPDes

Redaksi

KPID Sumut Gelar Sosialisi Standar Program Siaran di Pakpak Bharat

Redaksi