Pemkab Nisel Gelar Sosialisasi Peliputan & Publikasi Bagi Wartawan dan ASN

129
Ketua PWI Sumut Hermansyah saat memberi sambutan pada kegiatan sosialisasi peliputan dan publikasi yang diselenggarakan oleh Pemkab Nisel. (Foto. ASARPUA.com/halawa)

ASARPUA.com – Nias Selatan – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Pemkab Nisel)menggelar sosialisasi peliputan dan publikasi kepada para Wartawan, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepada Tenaga Harian Lepas (THL) di Aula Hotel Yonas, Jalan Pasir Putih Telukdalam, Selasa, (04/12/2018).

Kadis Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Nisel, Deri Dohude dalam laporannya dibacakan Sekretaris Dinas Kominfo Hans Marthin Wau, SE mengatakan, maksud dan tujuan dari soaialisasi peliputan dan publikasi ini adalah memberi pemahaman tentang fungsi dan peranan Wartawan dalam melakukan peliputan dan publikasi informasi. Membekali Wartawan, ASN dan THL tentang teknik peliputan dan pembuatan artikel, meningkatkan hasil karya jurnalistik secara objektif, berimbang serta menjadi bahan referensi dalam melaksanakan kebijakan Pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Nisel, meningkatkan kompetensi Wartawan, kapasitas ASN dan THL supaya pengelolaan informasi di lingkungan Pemkab Nisel dapat terlaksana dengan baik serta meningkatkan kemitraan antara Pemkab Nisel dengan Wartawan guna mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara H. Hermansjah, SE pada sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemerintah Daerah Nisel atas terselenggaranya sosialisasi peliputan dan publikasi bagi para Wartawan, ASN dan kepada tenaga THL di Kabupaten Nias Selatan.

Ia menyebutkan, sejalan dengan reformasi, semua orang bisa jadi Wartawan dan saat ini perkembangan media semakin terus meningkat di seluruh Indonesia. namun disisi lain juga, kata dia, Wartawan dituntut harus profesional serta mematuhi Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 serta menaati Kode Etik Jurnalistik serta Wartawan kedepan wajib mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Sementara, Bupati Nisel diwakili Asisten III Setdakab Nisel, Setiaro Waruwu menyebutkan, dengan adanya kegiatan sosialisasi peliputan dan publikasi ini dapat meningkatkan hasil karya Jurnalistik yang objektif dan berimbang.

Selain dapat meningkatkan hasil karya Jurnalistik secara objektif dan berimbang, sambungnya, dapat juga meningkatkan kompetensi para Wartawan serta supaya meningkatkan kapasitas ASN dan THL dalam pengelolaan informasi sekaligus meningkatkan kemitraan antara para Wartawan dengan Pemkab Nisel.

Sebagai narasumber pada acara tersebut yakni Ketua PWI Sumatera Utara H Hermansjah, SE dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut, Rizal Rudi Surya, SH. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 4-5 Desember 2018. (as-hal).