asarpua.com

Pemkab Labuhanbatu Catat Angka Ketimpangan Gender Turun dan IPM 2024 Naik

Staf Ahli Bupati Turing Ritonga saat memimpin apel gabungan PNS, Senin (08/07/2024), di halaman Balai Diklat Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, komplek kantor bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat. (Foto. Asarpua.com/dikla)

ASARPUA.com – Labuhanbatu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu mencatat angka ketimpangan gender tahun 2023 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Pemkab ini juga mencatat naiknya angka indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2024.

“Tahun 2022, angka ketimpangan gender sebesar 0,48 sedangkan tahun 2023 turun menjadi 0,43. Sedangkan angka indeks pembangunan manusia, tahun 2022 sebesar 73,96 naik menjadi 74,70 tahun 2024,” sebut Plt Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar diwakili Staf Ahli Bupati Turing Ritonga saat memimpin apel gabungan PNS, Senin (08/07/2024), di halaman Balai Diklat Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, komplek kantor bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat.

Menurut Plt Bupati, hal itu merupakan satu keberhasilan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam hal meningkatkan pembangunan manusia dan peran gender di Kabupaten Labuhanbatu.

Hal lainnya yang disampaikan adalah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) telah menyelesaikan 5 produk turunan yang menunggu untuk disahkan Presiden. Salah satunya, kesejahteraan ibu dan anak pada fase 1.000 hari pertama kehidupan.

“Termasuk Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) menjadi persoalan yang mendesak, mengingat masih terdapat GAP yang cukup besar antara angka prevalensi kekerasan yang terjadi dengan kasus kekerasan yang dilaporkan. Meskipun menurun, namun masih dihadapkan permintaan dispensasi kawin yang tinggi,” ungkapnya.

Hal tersebut, tambahnya, menunjukkan perlunya perlindungan lebih baik terhadap hak-hak anak, dan ini masih menjadi pekerjaan yang besar untuk mencapai visi Indonesia Emas.

Apel gabungan tersebut dihadiri Asisten II Ekonomi Pembangunan Drs Ikramsyah Putra Nasution, Asisten III Zaid Harahap, Kaban Pendapatan Daerah Andre Nuzul Manik, Kadis LH Syafrin Hasibuan, Kadis Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti, Kaban Litbang Zuhri Nasution, Kadis PMD Abdi Jaya Pohan, pejabat eselon III dan IV serta pejabat fungsional dan staf.

Turing Ritonga pada kesempatan itu mengatakan, apel gabungan ini sangat penting karena dapat berbagi informasi dan meningkatkan jalinan tali silahturahmi antara pegawai di lingkungan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

“Apel ini juga dapat memupuk rasa persaudaraan, persatuan dan kerjasama yang baik dalam rangka meningkatkan disiplin dan etos kerja,” ujar Turing. (Asarpua)

Reporter : Martin Tarigan

Related News

Pemkab Labuhanbatu akan Masukkan Program Pangan dalam APBD 2025

Asisten 3 Setdakab Labuhanbatu Ingatkan ASN Disiplin Kerja

SPBE Pemkab Labuhanbatu Peringkat Ke-5 Sumut